Fadlin Zon : Pengangkatan Ahok Sebagai Gubernur Cacat Hukum

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon
Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon
JAKARTA, KTD – Rencana  pengangkatan Basuki Tjahaja Purnama sebagai Gubernur DKI Jakarta mendapat tanggapan dari Wakil Ketua DPR RI, Fadlin Zon.  Menurutnya pengangkatan Ahok sebagai Gubernur DKI itu cacat hukum, karena ada aturan yang dilanggar pimpinan DPRD DKI dalam mengangkat Ahok.

“Dalam tatib DPRD DKI, paripurna ketua DPRD tak bisa lakukan sendiri, harus kolektif kolegial minimal paraf dua pimpinan DPRD baru sah dan legal. Ini dipaksakan karena kepentingan partainya,” jelas  Fadli Zon di Gedung DPR, Jakarta, Senin (17/11/2014).

Lebih lanhut, Ia mengatakan bahwa rapat paripurna yang menyetujui Ahok sebagai gubernur pada Jumat pekan lalu tidak sah. “Yang kemarin itu bodong, bukan paripurna,” imbuhnya.‎

Jika proses pengangkatan Ahok dilanjutkan pelantikan oleh presiden, Fadli dengan tegas menilai hanya melanjutkan inkonstitusionalitas, sehingga Ahok akan menjadi gubernur yang cacat secara hukum.

“Saudara Ahok kalau dipaksakan dengan proses yang cacat, dia akan jadi gubernur yang cacat,” terang  Fadli.

Dirinya pun mendukung Koalisi Merah Putih di DPRD DKI untuk menggelar paripurna sesuai tata tertib (tatib). “Ahok harus baca undang-undang dan dia tidak boleh paksakan diri (menjadi gubernur). Ini negara hukum,” tutupnya.

Related posts

Leave a Comment