Jalan Lintas Karawang-Bogor Rusak Parah

Kondisi Jalan Lintas Karawang-Bogor

Kondisi Jalan Lintas Karawang-Bogor

Karawang, KTD - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang dinilai kurang mempedulikan jalur lintas perbatasan. Kerusakan jalan terjadi teramat parah, bukan saja masih berbatu tetapi juga ada yang masih berupa jalan tanah dan berkubang. Dikhawatirkan jika tidak segera diperbaiki kondisinya akan semakin parah dan sulit dilintasi.

jalur lintas tidak layak seperti terlihat di jalan alternatif yang menghubungkan Kabupaten Bogor. Kerusakan di jalur itu sangat parah. Padahal jalan tersebut merupakan jalan alternatif yang dipergunakan dua warga perbatasan sebagai penopang perekonomian.

Kerusakan itu diduga karena kondisi tanahnya labil dan tingginya volume lalu lintas diruas jalan itu. Selain itu kerusakan juga terjadi di wilayah Dusun Kertasari, Desa Wanasari. Kualitas kerusakan juga sama, jalan berlubang dan berkubang bahkan mulai sulit dilalui kendaraan bermotor. Kerusakan sama juga terjadi di jalan masuk wilayah Kabupaten Bogor. Sepertinya kerusakan itu akan bertambah parah jika tidak segera diperbaiki.

Selain Jalan Dusun Kertasari, kerusakan juga mewarnai Jalan Dusun Wanakerta. Jumlah titik kerusakannya variatif ada yang tiga meter dan dua meter. Di jalan itu juga terdapat retakan dan sobekan yang cukup membahayakan pengendara, terutama saat melintas dimalam hari. Kerusakan yang membahayakan pengendara itu di antaranya tikungan serta terusan di Dusun Kertasari, Kecamatan Tegalwaru.

Jika mencermati tingginya volume kendaraan yang melintas bisa dipastikan ruas jalan amat penting bagi masyarakat kedua kabupaten (Karawang dan Bogor, red). Tidak masalah untuk jalan yang masuk ke wilayah Bogor karena sudah mulus. Mestinya ini bisa diikuti oleh pemerintah Karawang. Terlebih aktivitas perekonomian masyarakat kedua kabupaten itupun sangat tinggi.

Budiyono (45) pedagang kelontong di Dusun Cikukulu, Desa Cintaasih, Kecamatan Pangkalan yang setiap hari melintasi ruas jalan Dusun Wanakerta mengatakan, jenis jalan rusak dan retak amat tebal. Kondisi jalan diakuinya kerap mengakibatkan kecelakaan.

Disamping itu, lanjut Budiono, diantara kerusakan itu, beberapa titik coran jalan mengalami retak dan mengelupas. Itu disebabkan kontur tanah yang berbukit-bukit dan labil. Akibatnya, di jalan tersebut terjadi keretakan serta  truk pengangkut sering mengalami gangguan seperti ban bocor, gardan patah dan mogok.

Budiono Memaparkan, gangguan itu sering terjadi dan mengakibatkan jalan yang di lalui pengendara lain mencoba mencari jalur yang aman. "Kami berharap jalan itu segera dibenahi oleh pemerintah dan segera mengeluarkan peraturan agar kendaraan bertonase berat jangan melewati jalur alternatif ini," tuturnya. (tom)

Category: Karawang, PeristiwaTags:

No Response

Leave a reply "Jalan Lintas Karawang-Bogor Rusak Parah"