Warga Desa Belendung Menolak Pembangunan Perumahan

 

Warga 3 Dusun Tolak Pembangunan Perumahan

upaya warga menolak pembangunan perumahan

Karawang,KTD - Kisruh pembangunan perumahaan yang dilakukan pengembang PT Alteo di Desa Belendung, Kecamatan Klari makin meruncing. Kemarin (25/11) warga tiga dusun di desa itu sepakat menolak keras pembangunan perumahaan tersebut karena dilakukan di lahan teknis.

" Kami warga tiga dusun di Desa Belendung menolak pembangunan perumahan di wilayah kami karena pembangunan berdiri di lahan teknis pertanian," ujar Ketua Paguyuban Masyarakat Peduli Pertanian, Hamdan Zaelani kepada karawangtoday.com rabu (26/11)

Hamdan menjelaskan tiga dusun yang menolak pembangunan tersebut diantaranya warga Dusun Cirejag, Dusun Boled dan Dusun Pundong. Warga khawatir jika terjadi alih fungsi lahan maka ke depannya akan ada lagi alih fungsi serupa sehingga nantinya tidak ada lagi lahan teknis di daerah mereka.

"Sekali dirubah fungsinya menjadi perumahan, semua lahan teknis pertanian akan berubah fungsi menjadi perumahan, serta kawasan industri sehingga masyarakat sekitar kehilangan mata pencaharian ,padahal di Desa masih banyak warga yang menggantungkan penghasilan dari hasil bertani tandasnya."

Lanjut Hamdan, lahan pertanian yang direncakan perumahan merupakan lahan pesawahan teknis dan produktif, akan tetapi dengan adanya informasi perubahan tata ruang yang  awalnya lahan darat dan kini menjadi zona peruntukkan perumahan  sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), para warga pun serius menolak pengalihan tersebut. Pihak perusahaan melakukan upaya secara menerus merubah fungsi lahan pertanian, tanpa memikirkan dampak yang akan muncul k lahan pertanian yang di alih fungsikan. "Kami akan terus melakukan perjuangan dengan sekuat tenaga bersama teman-teman, agar perubahan alihfungsi lahan pertanian dihentikan maka meminta kepada pihak kontraktor segera menarik beko di lokasi," ujarnya.

Menurut Hamdan, dampak dibangun perumahan secara langsung kepada masyarakat diantaranya hilangnya lahan mata pencaharian buruh tani, berkurangnya lahan serapan air, bertambahnya angka pengangguran, munculnya dampak urbanisasi, meningkatnya angka kriminalits, terancamnya kestabilan ketahanan pangan, serta lainnya. Pihak PMPP sangat kecewa kepada pemerintah mulai dari pemerintah Desa Belendung, Karang Taruna Desa Belendung, serta Dinas terkiat  yang berusaha memuluskan alih fungsi, serta mempertahankan lahan pertanian di Desa Belendung. "Kami sangat mengecam alih fungsi lahan, serta berupaya mempertahankan lahan pertanian," imbuhnya.

Dia menambahkan, berbagai lapisan elemen masyarakat ikut mendukung perjuangan karena sampai posisi baik secara pribadi, serta bersama yang ikut mempertahankan lahan pertanian  mulai trancam. Pihak PMPP mulai sudah ada intimidasi, ancaman, dibenturkannya dengan pihak LSM yang melakukan pengamanan perusahaan. Selain itu, banyak masyarakat yang meninginkan lahan pertanian tetap dipertahnakan, serta Kabupaten Karawang menjadi lumbung padi nasional. "Kami berharap ada kepedulian dari pihak lain terhadp pergerakan, serta brencana dalam waktu dekat akan melakukan doa brsama agar tetap berjuang, sekuatnya, sekerasnya, serta lainnya," pungkasnya.(Tom)

Category: Hukrim, Karawang, Peristiwa, PeristiwaTags:
No Response

Leave a reply "Warga Desa Belendung Menolak Pembangunan Perumahan"