Di Majalaya Dana Kompensasi Kenaikan BBM Dibagikan di Rumah Camat

Sebanyak Rp 1.033.400.000 Tersalurkan di Majalaya

Karawang, KTD - Ada yang menarik dalam pembagian dana kompensasi kenaikan bahan bakar minyak (BBM) warga Kecamatan Majalaya. Kalau di daerah lain dilakukan di kantor pos,  ini justru dilakukan di rumah dinas camat, meski tetap dilakukan oleh pihak kantor pos. Alhasil, polisipun turun tangan melakukan pengamanan.

Pantauan karawangtoday.com di lapangan pada Rabu (26/11/14), sejak pagi masyarakat sudah berkumpul di halaman rumah dinas camat. Tidak terjadi saling sikut memang atau dorong-dorongan berebut mendapat pelayanan duluan. Namun antrian panjang terlihat mewarnai pembagian dana kompensasi yang berlangsung selama dua hari itu.

Kekhawatiran bakal terjadinya ricuh saat pembagian dana kompensasi ternyata tidak terbukti. Sebagian warga yang menunggu giliran malah terlihat memanfaatkan kursi-kursi yang disediakan. Sebagian lagi berdiri, kecuali para manula memilih duduk di tanah. Sementara anggota Polsek Majalaya terlihat berjaga-jaga di lokasi.

Ketua Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Majalaya, Abdul Aziz, S,IP di sela pembagian kompensasi mengatakan, masyarakat tidak akan dilayani jika tidak bisa memperlihatkan KTP, KK, serta kartu TSK dari Dinas sosial, meski dapat diwakili dengan membawa surat kuasa. Penerima bantuan kompensasi BBM sebelumnya memastikan terlebih dulu pembagian bantuan berlangsung aman dan diberikan langsung oleh pihak kantor pos, selain sudah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

"Tiap warga mendapatkan dana kompensasi kenaikan BBM sebesar Rp 400.000 per keluarga," ucap Aziz.

Pencairan uang kompensasi kenaikan harga BBM, lanjut Azis disambut antusias warga kurang mampu. Mereka antri sejak pukul 08.00 Wib hingga pukul 16.00 Wib.

"Pembagian dana kompensasi dilakukan dalam dua bertahap dan dilakukan terhadap 7 desa," ucapnya.

Tahap pertama dibagikan secara serentak kepada warga Desa Majalaya, Ciranggon, Sarijaya dan Lemahmulya dengan total penerima mencapai 1613 orang. Sementara dana yang tersalurkan mencapai sekita Rp 645.200.000. Sementara tahap dua menyentuh tiga desa yakni Desa Bengle, Pasirjengkol dan Pasirmulya dengan jumlah penerima 1548 orang dan total dana yang tersalurkan sebanyak 388.200.000.

Menurut Ketua Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kecamatan Majalaya, Nasim, pembagian dana kompensasi BBM di rumah dinas camat Majalaya mempermudah masyarakat, serta dapat dikendalikan dengan bantuan pengamanan dari pihak kepolisian. Pembagian dilakukan oleh petugas kantor pos secara langsung dan penerima kompensasi dipanggil sesuai dengan nomor antrian pengambilan.

Sementara, bagi masyarakat yang belum memiliki kelengkapan administrasi pengambilan dapat menunggu, serta melakukan koordinasi dengan dinas terkait.

"Masyarakat yang kurang lengkap membawa persyaratan pengambilan dana kompensasi akan menunggu terlebih dahulu maksimal satu minggu dengan melakukan kordinasi terlebih dahulu ke dinas terkait," katanya.

Dia menambahkan, pembagian dana kompensasi akan meringankan masyarakat kurang mampu atas dampak kenaikan harga BBM. Kenaikan BBM akan berdampak dengan naiknya harga kebutuhan pokok, naiknya biaya transportasi serta lainnya, akan memberatkan masyarakat yang kurang mampu. Selain itu, pembagian akan berlangsung selama 2 hari, serta dilakukan pengamanan agar pembagian tidak berlangsung ricuh.

"Kami akan melakukan pembagian secara bergiliran sesuai dengan nomor antrian, bagi masyarakat yang mau mengambil harus membawa persyaratan yang ditentukan," pungkasnya.

Berikut Data Penerima Kompensasi Kenaikan BBM

Tahap I
Nama Desa           Penerima          Total
Desa Majalaya         377          Rp 150.800.000.
Desa Ciranggon       370         Rp 148.000.000.
Desa Sarijaya          373          Rp 149.200.000.
Desa Lemahmulya   493         Rp 197.200.000.

Tahap II
Nama Desa           Penerima          Total
Desa Bengle            573         Rp  22.200.000
Desa Pasirjengkol    665         Rp 242.000.000
Desa Pasirmulya      310         Rp 124.000.000

(tom)

Category: Karawang, PeristiwaTags:
No Response

Leave a reply "Di Majalaya Dana Kompensasi Kenaikan BBM Dibagikan di Rumah Camat"