Dibangun dengan Patungan, SMP IT Al-Huda Kokoh Berdiri

Siswi SMP IT Al-Huda sedang melaksanakan shalat berjama'ah

Berdoa dan belajar. Siswi SMP IT Al-Huda sedang melaksanakan shalat berjama'ah. (Foto: Ditha)

Karawang, KTD – SMP IT Al-Huda, sekolah seharga 1,78 milyar rupiah. Sekolah yang terletak di Dusun Kosambi Lempeng, Cilamaya Wetan  ini  berdiri sejak tahun 2010 secara swadaya mampu membangun gedung sekolah sendiri.

Untuk membangun gedung 3 lantai ini, Kepala SMP IT Al-Huda H. Wastur Ali Nurdin menyatakan, pihak sekolah dan yayasan menghabiskan anggaran sebesar Rp1,78 milyar.  Rp1,2 milyar didapat dari dana patungan masyarakat, Rp380 juta  didapat dari pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Rp200 juta didapat dari pemerintah Karawang lewat dana aspirasi dewan.

Selama lima tahun sejak berdiri, pihak Yayasan Al-Huda yang menaungi SMP IT Al-Huda selalu mengeluarkan berbagai inovasi agar sekolah makin maju. Wastur juga menuturkan soal keinginan Yayasan untuk membuat SMA IT Al-Huda. Planning sudah dimulai sejak dua tahun lalu.

"Mimpi sudah ada. Tinggal usahanya, karena SMP Al-Huda awalnya juga berawal dari mimpi. Doakan saja," tuturnya kepada karawangtoday.com.

Pihak yayasan sudah menyediakan lahan seluas 2,5 hektar untuk pembangunan kompleks sekolah Al-Huda, temasuk pembuatan taman penghijauan dan sarana bermain siswa.

Sekarang ini pihak yayasan sedang sibuk menjalani akreditasi, juga sibuk merampungkan pembangunan gedung tahap finishing.

Ditemui di tempat terpisah, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang Agus Supriatman menyatakan, dana urunan dari masyarakat tidak menyalahi aturan. Selama masyarakat yang dimintai dana bantuan tidak merasa dibebani dan sekolah tidak bersifat memaksa.

"Karena, pendidikan adalah tanggung jawab bersama-sama pemerintah dan masyarakat," ujarnya.

Dana patungan diperbolehkan dengan syarat atas persetujuan orang tua murid melalui Dewan Komite Sekolah. (dit)

Category: Karawang, PendidikanTags:
No Response

Leave a reply "Dibangun dengan Patungan, SMP IT Al-Huda Kokoh Berdiri"