Sidang Perdana Kasus Pencucian Uang Bupati Karawang Digelar

sidang perdana

Terdakwa Ade Swara dan Nurlatifah menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor Bandung pada Selasa (2/12/14)

Bandung, KTD -Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung di Jalan LLRE Martadinata, menggelar sidang perdana kasus Bupati Karawang  Ade Swara dan isterinya Nurlatifah  Selasa (2/12/2014).

Sidang yang berlangsung  di ruang sidang utama ini, dimulai pukul 10.45 Wib.  Saat ini keduanya sudah duduk di kursi pesakitan. Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)  membacakan dakwaan terhadap keduanya. Keduanya duduk di tengah ruang sidang untuk mendengarkan dakwaan setebal 2.500 halaman.

Sidang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim,‎ Nawawi Pamolango, dan dua hakim anggota Djoko Indarto dan Adriano. Hingga pukul 12.00 Wib sidang masih berjalan dan tim JPU dari KPK silih berganti membacakan dakwaan

Ade berpakaian batik berwarna merah dan istrinya memakai baju batik warna krem dan memakai jilbab hitam.

"Siap. Tidak ada persiapan khusus. Saya mendengarkan dakwaan dulu saja," kata Ade sebelum mengikuti sidang.

Diketahui, pasangan suami istri tersebut terjaring operasi tangkap tangan oleh KPK pada Kamis 17 Juli 2014. Mereka kedapatan memeras pengusaha dari PT Tatar Kertabumi dengan meminta uang Rp 5 miliar, terkait rekomendasi izin penerbitan surat persetujuan pemanfaatan ruang.

Dari hasil pemeriksaan KPK, keduanya diduga telah melakukan pemerasan senilai Rp5 miliar berbentuk uang dolar sejumlah USD424.329. Selain itu, hasil pengembangan diduga kedua terdakwa pun telah melakukan pencucian uang dengan membeli sejumlah aset dan sejumlah aliran dana pada beberapa rekening

Dalam pengembangan kasus ini, KPK kemudian menjerat keduanya dengan  pasal pencucian uang.Mereka dijerat dengan Pasal 12 e atau Pasal 23 Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 jo Pasal 421 jo Pasal 55 KUHP. (ade)

Category: Hukrim, KarawangTags:
No Response

Leave a reply "Sidang Perdana Kasus Pencucian Uang Bupati Karawang Digelar"