Keindahan Stalaktit Dan Stalagmit Di Gua Gong

 

 

gua_gong1

pintu masuk goa gong

KTD-Sebuah gua erat kaitannya dengan kata gelap, kotor, sempit, dan menakutkan. Semua itu akan berubah bila warga mendatangi Gua Gong yang berada di Dusun Pule, Pacitan, Jawa Timur ini. Jalanan menuju gua ini termasuk sulit, karena banyaknya tebing dan jurang pegunungan. Tetapi keindahan stalaktit dan stalagmit yang disuguhkan Gua Gong ini memang menakjubkan yang akan membuat perjalanan yang sulit pantas ditempuh.

Keindahan bentuk stalaktit dan stalagmit bukanlah satu-satunya hal yang ditawarkan gua ini. Beberapa stalaktit dan stalakmit tertentu akan berbunyi layaknya sebuah gong bila dipukul, yang mungkin adalah asal-muasal nama gua ini. Konon, gua ini dianggap angker karena sering terdengar suara gamelan dari dalam gua ini.

gua_gong2

Goa-Gong-Pacitan

Goa-Gong-Pacitan1

Untuk menjelajah gua ini pertama-tama anda harus memasuki sebuah ruangan yang tidak terlalu besar, ditemani ornamen-ornamen berbentuk sedotan yang dinamai straw di langit-langit gua. Melewati ruangan ini, gua ini dibagi menjadi 2 jalur yaitu jalur keluar dan masuk. Setelah melewati celah sempit, warga akan menemukan sebuah ruangan yang sangat besar dengan ratusan stalaktit dan stalakmit indah yang telah dihiasi oleh lampu-lampu di beberapa bagian memberikan cahaya yang mempercantik interior gua.

Sebuah stalagmit raksasa menjadi batas dengan ruangan ketiga di ujung gua. Ornamen-ornamen kristal berwarna putih berkilauan menghiasi ruang yang dinamakan ruang kristal ini. Hal ini sangat mengagumkan bila anda dapat membayangkan bahwa bebatuan ini membutuhkan ratusan, bahkan ribuan tahun untuk terbentuk.

Gua ini cocok bila dikunjungi dengan keluarga karena tidak memerlukan perlengkapan khusus untuk menjelajahinya. Warga tidak perlu khawatir tergelincir karena gua ini dilengkapi dengan tangga dan pegangan besi.

Setelah menikmati keindahan interior Gua Gong, warga dapat membeli makanan dan berbagai souvenir di sekitar gua atau sepanjang jalan dekat menuju gua. Oleh karena itu, apabila ingin membeli makanan dan souvenir tertentu Anda dapat mendapatkannya dari warung-warung sekitar dan atau toko souvenir di sekitar gua.

Category: BudparTags:
No Response

Leave a reply "Keindahan Stalaktit Dan Stalagmit Di Gua Gong"