Topeng Banjet Karawang Tidaklah Punah

0 2479

 

tari-topeng

Topeng Banjet Karawang

Karawang, KTD – Kesenian Topeng Banjet merupakan bentuk kesenian tradisional dengan jenisnya termasuk seni pertunjukan rakyat atau dapat dimasukkan juga ke dalam bentuk teater tradisional. Lebih khusus lagi kesenian Topeng Banjet dapat didefinisikan sebagai seni pertunjukan rakyat yang diawali lawakan atau pelawak (bodor) dengan Topeng Banjet diteruskan dengan pertunjukan seni drama tradisional.

Masyarakat karawang  banyak yang mengatakan bahwa kesenian Topeng Banjet ini mulai hilang keberadaannya. Pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat tersebut di bantah oleh  Drs. Ayi muhtar selaku Kabid Kebudayaan  Dinas Budaya Dan Pariwisata Karawang.

“Masih banyak masyarakat yang menggunakan kesenian Topeng Banjet ini sebagai sarana hiburan dan edukasi, jadi jika ada orang yang mengatakan bahwa kesenian Topeng Banjetini punah, itu salah, saya sering turun ke lapangan” ujarnya. rabu(17/12/14).

topeng banjet tidaklah punah

Drs. Ayi muhtar

Biasanya, lanjutnya masyarakat menggunakan kesenian Topeng Banjet ini sebagai pemenuhan panggilan hajatan atau acara  untuk sarana hiburan, di desa-desa  kesenian ini sangat terkenal dan mungkin bagi  mereka yang hidup di perkotaan kesenian ini mulai dilupakan.

Mungkin hanya orang yang tinggal di perkotaan saja yang mengatakan bahwa Topeng Banjet sudah punah. Mungkin karena mereka jarang  tampil di kota dan ada kendala masalah tempat untuk menampilkannya sehingga masyarakat yang hidup di kota mengatakan demikian.

“Harapan kami, seni dan budaya yang ada di Kabupaten Karawang  ini yang mungkin terlalu condong berbau etnis,dapat dikembangkan oleh para pelaku kesenian,mungkin dengan cara menggambungkan music etnis dengan music modern sehingga dapat membuat aransement baru” tutup Kabid Kebudayaan Dinas Budaya Dan Pariwisata Karawang kepada karawangtoday.com.(hiz)

Category: Budaya, Budpar, Karawang
No Response

Leave a reply "Topeng Banjet Karawang Tidaklah Punah"