Menyerap Anggaran Saja OPD Karawang tak Tercapai

k_bupati1

Karawang,KTD- Kinerja Pemerintah Kabupaten Karawang selama 2014 patut dipertanyakan. Pasalnya, serapan anggaran yang ditargetkan 90 persen hanya tercapai  di angka 85,85 persen.

Seperti dikatakan Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), Hadis Herdiana SH MM, 2 Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  yang minim serapan anggaran yaitu Dinas Kesehatan dan RSUD Karawang. Padahal, dalam menggenjot serapan anggaran, sejumlah OPD hingga sekertaris daerah  harus rela tetap bekerja meski tanggal 28 Desember mereka mendapat jatah libur.

Sementara itu menurut aktifis Andri Kurniawan, tumpuan dan harapan masyarakat sekarang ini ada pada plt bupati untuk melakukan pembenahan serta memulihkan kembali kondisi Karawang yang sempat terpuruk.

Semester kedua di tahun ke emat dan satu tahun terakhirperiode pemerintah sekarang ,yakni 12 bulan menjelang habisnya rezim,ujarnya, plt bupati harus dapat  menunjukan kerja nyatanya terhadap masyarakat  dari mulai pelayanan publik  dan pembangunan .

kantor bupati

“Begitupun dengan para pejabat pembantu di bawahnyajangan hanya Asal Bos Senang(ABS) saja, maka dari itu  saya berharap figure plt bupati mampu menunjukan intergritasnya kepada masyarakat Karawang,” ujarnya, Senin (5/1/15).

Plt Bupati, ujarnya, harus mensikapi  soal serapan anggaran. Jangan sampai Sisa Lebih Pagu Anggaran (SILPA) di Tahun Anggaran 2014 ini meningkat secara fantastis. Setiap Tahun APBD Karawang semakin meningkat.

”Saya pribadi sebagai masyarakat Karawang sangat miris ketika mendengar singgungan bahwa Karawang menghabiskan uang saja tidak bisa,apa lagi mencari uang dan Karawang jangan bangga dengan adanya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang mencapai 100 persen,” ujarnya.

Menurutnya, peningkatan PAD Karawang tersebut dikarenakan adanya pengelolaan dan pengalokasian BPHTB ke kas Daerah Karawang berdasarkan Undang Undang No.28 Tahun 2009 tentang pajak daerah,karena Karawang sejak 16 Maret 2011 sudah mengefektifkan produk hukum tersebut,maka sudah secara otomatis PAD Karawang meningkat sampai 100 persen.

“Jadi intinya,plt bupati harus dapat menunjukan realisasi kerja nyata. Kurangi hal yang sifatnya seremonialdan serap sekecil apa pun aspirasi masyarakat sekali pun itu dalam bentuk kritikan pedas,” ujarnya.(may)

Category: Karawang, PeristiwaTags:
No Response

Leave a reply "Menyerap Anggaran Saja OPD Karawang tak Tercapai"