Penyanyi Reza Sajagat, Bertekad Lestarikan Budaya Sunda

Reza Sajagat photo

Karawang,KTD- Tampilan penyanyi Reza  Sajagat pada  event musik yang berlangsung di Mall KCP beberapa waktu lalu, terkesan begitu nyunda. Pemuda asal Karawang yang mengidolakan seniman sunda   Darso dan Doel Sumbang  ini tampil membawakan   lagu-lagu  sunda yang  bagi  kalangan  anak muda sudah sangat  asing  dan jarang dimunculkan dalam event  musik  modern saat ini.

“Saya berkiprah di seni sudah hampir lima tahun dan baru fokus ke musik dua tahun belakangan ini,” ujarnya, kepada karawangtoday.com.

Reza berkarya dari  panggung demi panggung. Bukan saja di  Kota Karawang, tapi juga di sejumlah tempat seperti  Subang dan Jakarta.

Dipilihnya lagu sunda dalam setiap tampilan yang jadi ciri khasnya itu, berlatar belakang kurang diminatinya lagu-lagu sunda oleh generasi muda. Dia begitu khawatir, seni budaya warisan leluhur ini akan musnah ditelan waktu dengan digantikan seni budaya dari luar.

 “Untuk kesulitannya kadang pula kita merasa  malu, disaat hampir kebanyakan band membawakan music rock, reggae, dan pop. Namun  Reza lebih  yakin untuk membawakan musik sunda. Mungkin karena hal ini kenapa kita  percaya diri betul, karena masih sangat jarang band yang membawakan budaya sunda dan kita ingin budaya sunda lebih dikenal di kalangan anak muda dan masyarakat luas,” ungkapnya.

Reza memang begitu bertekad dapat  lebih  memperkenalkan dan melestarikan budaya sunda.

“Jangan hilang ditelan jaman. Mudah mudahan ke depan akan  banyak lagi penyanyi  dan grup band  yang membawakan musik sunda di event modern,” pungkasnya.  ( can ) 

Category: Budaya, Karawang, ProfilTags:
No Response

Leave a reply "Penyanyi Reza Sajagat, Bertekad Lestarikan Budaya Sunda"