Hati-hati ! Karawang Endemis DBD

0 1211

nyamuk

Karawang,KTD-Seiring datangnya  musim penghujan, Kepala Dinas Kesehatan Karawang, dr.Asep Hidayat Lukman MM, mengingatkan masyarakat  agar mengantisipasi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), terkait status Karawang yang merupakan endemik DBD.

“Siklusnya 5 tahunan akan terjadi penderita DBD cukup banyak. Kendati saat ini bukan tahun terjadinya siklus tersebut , musim penghujan di Januari saat ini  sudah ada seorang penderita DBD yang meninggal,“   ujarnya, kepada karawangtoday.com, Kamis (29/1/15).

Dari 25 Rumah sakit yang ada, ungkapnya, saat ini  sudah ada rujukan penderita yang positif  DBD.

Kendati demikian  penderita DBD di Karawang tahun 2014 mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yaitu  sebanyak 287 jiwa dari  984 penderita DBD di tahun sebelumnya dengan korban 7 orang jiwa yang meninggal.

asep

Kepala Dinas Kesehatan Karawang, dr.Asep Hidayat Lukman MM.

“Namun di bulan Januari  ini tampaknya  meningkat banyak kasus,” ungkapnya.

Kondisi demikian cukup beralasan. Sebab Karawang merupakan  endemis  DBD. Dari 309 desa se Karawang, hampir 70 persen termasuk endemis DBD dan dari 30 kecamatan,  17 kecamatan (60 persen) endemis.

“Artinya hampir 60 persen  kecamatan dan 70 persen desa itu endemis DBD, karena selama  3 tahun berturut-turut selalu ada kasus. Daerah endemis ini akan menjadi prioritas penanganan,” ujarnya.

Bahkan, warga diimbaunya untuk  berhati-hati dengan datangnya musim hujan ini.

“Harus menjaga kebersihan lingkungan. Mencegah jangan sampai timbul jentiknyamuk. Jentik terutama terdapat  di genangan air bersih yang berpotensi jadi nyamuk dewasa. Solusinya antaralain dengan 3 M (menguras, mencuci dan menutup) bak mandi atau tempat tempat genangan air agar tidak terjadi  pengembangbiakan nyamuk di sekitar rumah,” pungkasnya.(may)

Category: Karawang, KesehatanTags:
No Response

Leave a reply "Hati-hati ! Karawang Endemis DBD"