Pihak Terkait di Karawang akan Merazia Apel Amerika

apel

Karawang-KTD-Dalam waktu yang tidak lama lagi pihak terkait, seperti dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Karawang, dr Asep Hidayat Lukman MM, akan menarik jenis apel asal Amerika dari pasaran di Karawang, terkait adanya bakteri listeria monocytogene  yang membahayakan kesehatan manusia, bahkan menyebabkan kematian.

“Saya akan koordinasi dengan Kepala Dinas Perdagangan dulu, sebab beliaulah yang tahu distributor apel amerika berikut penyebarannya di pasaran Karawang. Juga koordinasi dengan Satpol PP guna menarik dari pasaran peredaran apel asal negara Amerika itu,” ujarnya kepada karawangtoday.com, Kamis (29/1/15).

Fakta di lapangan jenis apel yang sudah dilarang dikonsumsi ini, masih banyak dijajakan pada sejumlah super market dan penjaja buah-buahan di berbagai tempat di Karawang. Atas kondisi demikian, Asep mengimbau agar masyarakat Karawang jangan membeli jenis apel yang membahayakan kesehatan tersebut.

asep

dr Asep Hidayat Lukman MM

“Lebih baik apel lokal saja,” imbuhnya.

Bakteri listeria monocytogeneyang terdapat dalam apel berwarna hijau dan  merah asal Amerika itu adalah suatu bakteri yang dapat menyebabkan infeksi serius dan fatal pada bayi, anak-anak, orang sakit dan lanjut usia, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah dan dapat menggugurkan kandungan.

Ciri-ciri orang yang telah terinfeksi bakteri Listeria, tambah Asep, dengan gejala jangka pendek yang muncul seperti demam tinggi, sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut dan diare.

“Jika masyarakat yang sudah terlanjur membeli apel mahal dan memakannya kemudian timbul gejala-gejala tadi, maka segera berobat secara medis. Lebih cepat ditangani akan lebih baik, ketimbang dilama-lama dan mengakibatkan bahaya yang lebih fatal lagi,” pungkasnya. (may)

Category: Karawang, KesehatanTags:
No Response

Leave a reply "Pihak Terkait di Karawang akan Merazia Apel Amerika"