Kawah Putih, Wisata Alam nan Menawan yang Penuh Mitos

??????????????????

Kawah Putih, Rancabali, Ciwidey, Bandung Selatan.

Bandung, KTD- Destinasi wisata yang terbilang menarik di kunjungi diantaranya Kawah Putih. Kawah Putih adalah sebuah tempat wisata di Jawa Barat yang terletak di kawasan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih. Warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan. Unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna. Kawah ini berada pada ketinggian +2090 m dpl dibawah puncak/titik tertinggi Gunung Patuha.

Letusan hebat Gunung Patuha pada abad ke 10 membuat sebagian masyarakat  beranggapan bahwa lokasi ini adalah kawasan angker karena setiap burung yang terbang melewati kawasan tersebut akan mati. Akibat  kepercayaan tersebut, tidak ada  yang berani mendekati kawasan ini.

Menurut cerita rakyat yang hidup hingga kini, Kawah Putih adalah tempat berkumpulnya roh para leluhur. Di Kawah putih, terdapat makam para leluhur, di antaranya Eyang Jaga Satru, Eyang Rangsa Sadana, Eyang Camat, Eyang Ngabai, Eyang Barabak, Eyang Baskom, dan Eyang Jambrong. Salah satu puncak Gunung Patuha, Puncak Kapuk, dipercaya sebagai tempat rapat para leluhur yang dipimpin oleh Eyang Jaga Satru.Di tempat inilah masyarakat lokal sesekali melihat secara gaib sekumpulan domba berbulu putih (domba lukutan) yang dipercaya sebagai penjelmaan dari para leluhur.

Namun  pada tahun 1837 seorang ilmuwan  bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn  memutuskan untuk pergi ke puncak Gunung Patuha demi ilmu pengetahuan.Dr. Franz Wilhelm Junghuhn berhasil mencapai puncak Gunung Patuha. Dari sana ia melihat ada sebuah danau berwarna putih dengan bau belerang yang menyegat. Sejak itu, keberadaan Kawah Putih menjadi terkenal dan pada tahun 1987 pemerintah mulai mengembangkan Kawah Putih sebagai tempat wisata.

Kawah Putih  terletak di Rancabali, Ciwidey, Bandung Selatan, berjarak sekitar 44 km dari Kota Bandung.  Di tempat ini  akan ditemui  panorama alam yang memikat, air danau berwarna putih kehijauan terlihat kontras dengan batu kapur putih yang mengitari danau. Di sebelah utara danau, berdiri tegak tebing batu kapur berwarna kelabu yang ditumbuhi lumut dan berbagai tumbuhan lainnya. Tempat wisata Kawah Putih adalah salah satu yang banyak diminati  wisatawan.

Untuk dapat masuk ke tempat wisata ini harus membayar tiket masuk Kawah Putih sebesar Rp 15 ribu per orang. Jika  membawa kendaraan roda empat, akan dikenai tarif parkir sebesar Rp 15 ribu per mobil.

Sedang untuk sampai di Kawah Putih, bisa menggunakan route perjalanan sebagai berikut; dari luar Bandung yang menggunnakan kendaraan roda empat dapat melewati jalur pintu Keluar Tol Kopo, melewati Sayati dan dilanjutkan ke Soreang. Dari soreang dilanjukan ke Ciwidey menuju Rancabali, lokasi kawah putih. Route alternatif bisa menggunakan jalur tol Buah Batu.

Sedangkan bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan umum, akses ke Kawah Putih ditempuh dengan menggunakan jalur Terminal Leuwi Panjang - dilanjutkan ke Terminal Ciwidey - lokasi Kawah Putih. (ega/bbs)

Category: BudparTags:
No Response

Leave a reply "Kawah Putih, Wisata Alam nan Menawan yang Penuh Mitos"