Tinggi Animo Generasi Muda Karawang Lestarikan Seni Tari Jaipong

bil-2

Karawang,KTD-Seni tari Jaipongan, merupakan  seni tarian khas Jawa Barat. Tarian ini sering disuguhkan baik untuk warga lokal pada acara kebudayaan, acara ulang tahun, penyambutan tamu, dan lain lain, bahkan dihadapan wisatawan mancanegara.

Seni tari Jaipongan juga dapat menghasilkan berbagai cabang seni lain seperti Tari Cikeruhan. Salah satu tarian rakyat yang hingga kini masih sering dipertunjukkan di Bandung. Tarian ini lahir dan tumbuh di daerah pesisir dan perbedaannya adalah Cikeruhan lebih atraktif dibandingkan dengan tarian lain.

Seni tari yang merupakan warisan leluhur budaya bangsa ini kini sering ditampilkan lewat  ajang pencarian bakat yang digelar di berbagai wilayah. Animo remaja mengikuti ajang lomba tari jenis jaipong ini terbilang banyak diminati.

Sebut saja Nabila Nur’azizah Apriliani . Puteri pasangan  Sekertaris DPRD Karawang, Ahmad Suroto dengan Wakil Ketua DPRD Karawang, Sri Rahayu Agustina ini, terbilang rajin ikut ajang lomba tari. Mojang berperawakan ramping ini tampak  sangat berbakat. Tak cuma mahir, ketika dia tampil  sangat menjiwai tariannya. Sehingga pesan dari setiap gerakan sampai ke penonton.

Tari Jaipongan memang menarik. Ciri khas  tari ini yakni gaya kaleran, erotis, keceriaan, semangat, humoris, kesederhanaan dan spontanitas (alami/apa adanya). Hal itu dapat kita lihat dalam pola penyajian pertunjukkannya, diantaranya ada yang memakai atau diberi pola (Ibing Pola) contohnya pada seni Jaipongan yang ada di Bandung dan ada juga tarian yang tidak memakai / berpola (Ibing Saka), misalnya pada Seni jaipongan Subang dan Karawang. (may)

Category: Budaya, KarawangTags:
No Response

Leave a reply "Tinggi Animo Generasi Muda Karawang Lestarikan Seni Tari Jaipong"