Mengulas Perjalanan Grup Band Netral

0 2701

netral

Karawang,KTD-  Grup musik  Netral yang berdiri pada 21 November 1991 ini bisa disebut sebagai band yang memperkenalkan aliran alternatif rock kepada masyarakat Indonesia. Grup yang didirikan oleh para alumni SMA Negeri 55 dan SMA Negeri 60 Jakarta yakni Gabriel Bimo Sulaksono ( Drum ), Bagus Dhanar Dhana (Bass  dan Vocal ) dan Alm Ricky “Miten”Dayandani ( Guitar ). Grup yang mengidolakan Nirvana, Sonix Youth, Sex Pistols dan The Cure ini, pertama tayang videoklip mereka di musik Tv atau pada masa itu di kenal dengan MTV yang masih berstatus marger dengan salah satu perusahaan televisi swasta.

Lewat single Wa..lah yang terdapat pada album pertama mereka dengan judul yang sama  berhasil menjadi pusat perhatian bagi kalangan remaja pada saat itu, karena menyajikan jenis musik yang berbeda dari  grupyang muncul di dekade 90an. Dengan mengusung aliran alternatif rock dan penampilan serta atraksi mereka di atas panggung mereka sempat menjadi daya tarik bagi kalangan para remaja terutama remaja asing yang bersekolah di salah satu sekolah bertaraf internasional yang berada di Jakarta.

Lewat label PT. Indosemar Sakti Netral berhasil menjual album pertama mereka hingga 80.000 keping CD dan Kaset. Setelah sukses dengan Album pertama Netral merilis Album kedua dengan judul “Tidak Enak” pada tahun 1997 yang diselenggarakan di Jazz Rock Café Jakarta, serta Album minggu ini pada Tahun 1998 yang ditandai dengan keluarnya drummer sekaligus pencetus pertama Netral, Bimo Sulaksono, dan digantikan setahun kemudian oleh Eno Gitara tepat dengan peluncuran Album “Paten” 1999 dengan Hits single “Nurani”.

Selang dua tahun kemudian posisi guitar kembali kosong dengan mundurnya Alm Miten diposisi Gitar, dan baru pada Tahun 2003 terpilih lah Christoper Bollemeyer atau yang lebih dikenal dengan nama Choky dengan beberapa tahun mengikuti Netral sebagai Additional Players, bertepatan dengan dirilisnya Album Kancut yang kembali mengangkat nama Netral di industri  musik Tanah Air.

Berikut beberapa Album yang pernah di rilis Netral:

  1. Wa..lah ( 1995 )
  2. Tidak Enak ( 1997 )
  3. Album Minggu Ini ( (1996 )
  4. Paten ( 1999)
  5. Oke Deh ( 2001)
  6. The Best of ( 2002 )
  7. Kancut ( 2003)
  8. Hitam (2005)
  9. Putih ( 2005)
  10. 9 Tahun ( 2007)
  11. The Story Of ( 2009 )
  12. Unity ( 2012 )

Netral disebut oleh pers Indonesia sebagai Band Alternatif. Terlepas dari yang diberikan pers Indonesia ini benar atau tidak. Yang jelas band yang dibentuk dari hasil persahabatan di SMA Negeri 55 dan SMA Negeri 60 Jakarta ini hanya memainkan musik yang benar-benar murni keluar dari hati nurani mereka sendiri, sesuai dengan definisi musik yang  mereka kenal.

Musik adalah suatu bahasa yang universal yang dapat dimengerti oleh semua orang, dimana musik menyuarakan isi hati sang pemusik yang memang ingin mengeluarkan dan membagikan apa yang mereka rasakan kepada semua orang. Begitulah tekad Bagus, Bimo dan Alm Miten mendirikan band yang mengusung  band punk yang di sebut-sebut band alternatif rock pertama di Indonesia. (can) 

Category: Karawang, ProfilTags:
No Response

Leave a reply "Mengulas Perjalanan Grup Band Netral"