Batik Khas Karawang Belum Mendapat Perhatian Pemkab

poto a ochim

Motif batik karawangan

Karawang, KTD- Karawang memiliki sedikitnya memiliki 10 corak batik khas. Namun disayangkan, corak batik ini  masih belum terpublikasikan. Sehingga masyarakat Karawang belum mengetahui jika Pangkal Perjuangan memiliki batik bercorak Karawang.

Padahal seperti dikatakan  salah seorang dari penggiat budaya batik khas Karawang, Samsam,  batik lokal tidak kalah saing model dan penampilan yang menarik dengan kota lain. Namun diakui Samsam, batik beragam corak dari alam Karawang belum dipamerkan sedahsyat batik yang berada di Jawa Tengah.

“Jika dibandingkan, batik lokal Karawang motifnya menarik-menarik. Coraknya itu loh, diambil dari nuansa ke Karawangan,” ungkapnya Selasa (3/2/15).

Samsam menyebutkan corak batik lokal meliputi jenis bermotif pare sagedeng, corak citarum, curug cigentis dan yang lain. Apabila masyarakat yang mengaku cinta Karawang, tentunya dapat menunjukan rasa kecintaan tersebut dengan memakai batik Karawang.

“Jika ada orang yang mengaku cinta Karawang, putra daerah santer digembor-gemborkan tetapi belum menggunakan batik prodak lokal, saya menilai belum sempurna. Coba cintai prodak lokal sendiri sebagai kebanggaan,” sebutnya.

Dikatakan, corak khas Pangkal Perjuangan sudah mendapatkan prestasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar). Namun belum ada suatu perhatian dari pemerintah sendiri supaya lebel khas Karawang diakui.

“Prestasi sudah didapatkan di Jabar. Akan tetapi belum ditetapkan lebel ini, karena pencetus corak batik Karawang bu Hj Istiqomah orang sederhana. Bahkan demi Karawang memiliki khas batik lokal, beliau menjual rumah sebagai modal awal mengembangkan batik. Seharusnya pemerintah malu dong kalau tidak memberikan perhatian,” bebernya.

Hal sama disampaikan Endang, batik Karawang sudah seharusnya berkibar di daerah sendiri. Dimana putra pribumi diharuskan cinta terhadap kebudayaan loka. Dirinya menyebutkan pemerintah bisa menetapkan sekolah di Karawang mengenakan batik lokal Karawang dihari tertentu.

“Khususnya dipemerintahan juga perlu diberlakukan,” paparnya.

Bagi masyarakat yang berminat membeli batik khas Karawang, Endang menyampaikan bisa datang ke butiq yang berlamat di Kaum, belakang Majid Agung Alun-alun Karawang. Disana bisa membeli corak motif yang sesuai dengan keinginan.

“Masyarakat bisa coba saja, pasti akan menimbulkan rasa kebanggaan,” pungkasnya.(oca)

 

Category: Budaya, KarawangTags:
No Response

Leave a reply "Batik Khas Karawang Belum Mendapat Perhatian Pemkab"