Bintang Budi Waseso Tambah Satu, Isyarat Jadi Kapolri?

153601820150120-101459780x390

Jakarta, KTD- Kepala Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian RI Budi Waseso naik pangkat dari bintang dua (inspektur jenderal) ke bintang tiga (komisaris jenderal) yang penyematannya dilakukan Wakapolri Komjen Badrodin Haiti ke Budi Waseso dalam upacara di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (5/2).

Menurut  Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, kenaikan pangkat  Budi Waseso  merupakan langkah yang tepat.

“Dia angkatan 85, sudah melewati berbagai proses sampai ke jenjang bintang tiga. Sudah waktunya ada proses regenerasi cepat dalam tubuh Polri dalam rangka melakukan reformasi total,” kata Tjahjo sebelum rapat koordinasi di Kantor Wakil Presiden RI, Jakarta.

Soal spekulasi Budi Waseso bakal diajukan menjadi calon Kapolri menggantikan Budi Gunawan yang disebut Tim 9 tak bakal dilantik oleh Presiden Joko Widodo karena tersangkut perkara hukum di KPK, Tjahjo menyatakan soal Kapolri merupakan hak prerogatif Presiden.

“Dulu Pak Timur Pradopo juga sama,” ujarnya.

Pada 4 Oktober 2010, Timur Pradopo mendapat kenaikan pangkat menjadi jenderal polisi bintang tiga. Kenaikan pangkat itu berbarengan dengan pengangkatannya sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Mabes Polri dari jabatan sebelumnya sebagai Kapolda Metro Jaya.

Malamnya, masih di hari yang sama, Timur Pradopo yang baru diangkat sebagai Kabaharkam langsung diajukan sebagai calon Kapolri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Secara hierarki dipercepat satu bintang tak masalah,” ujar Tjahjo.

Komisi Kepolisian Nasional saat ini mulai menjaring nama-nama calon Kapolri meski belum ada informasi resmi dari Presiden Jokowi bahwa pelantikan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri dibatalkan. (bbs)

Category: PeristiwaTags:
No Response

Leave a reply "Bintang Budi Waseso Tambah Satu, Isyarat Jadi Kapolri?"