Seluruh Utusan Karawang Masuk Final Lomba Presenter Bahasa Sunda

ayi--asli

Kabid Kebudayaan Disbudpar Karawang, Drs Ayi Muhtar (paling kiri) bersama para finalis Lomba Presenter Bahasa Sunda.

Karawang,KTD-Seluruh utusan Karawang peserta Lomba Presenter Bahasa Sunda yang digelar    Dinas Pariwisata dan Kebudayaan(Disparbud) Jawa Barat, masuk final yang pelaksanaannya akan dilangsungkan di Bandung, pada Sabtu (21/2/15) besok.

“Alhamdulillah, Karawang mengirimkan 4 pesertanya di masing-masing katagori dan semuanya masuk final,” ujar Kabid Budaya Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Karawang, Drs Ayi Muhtar, kepada karawangtoday.com,   Jumat (20/2/15).

Saat ini pihaknya tengah bersiap keberangkatan ke Bandung mengikuti lomba dalam rangka Memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional yang jatuh setiap tanggal 21 Februari ini.

Lomba Presenter Bahasa Sunda  itu terselenggara atas kerjasama Disbudpar Jabar dengan  Kompas TV, Radio Lita FM, Radio Raka FM, Radio Sonata FM yang  pendaftaran sudah dibuka sejak 26 Januari - 14 Februari 2015.

Adapun kategori lomba, yakni tingkat anak-anak usia 9 – 12 tahun, tingkat remaja usia 13 – 17 tahun dan tingkat dewasa 18 – 22 tahun. Lomba Presenter Bahasa Sunda ini sebagai salah satu kegiatan untuk memberikan motifasi kepada generasi muda agar lebih mencintai bahasa indung (bahasa daerah) serta mengembangkan kemampuan masyarakat Jabar,  khususnya generasi muda untuk menggunakan bahasa daerah (Sunda).

Lomba presenter ini, sebagai salah satu bentuk pelestarian bahasa sunda melalui program aktualisasi.Maka dari itu,Karawang mengusung/membawa 4 peserta yang telah melakukan uji seleksi lomba presenter  tingkat Kabupaten Karawang terdiri dari 2 finalis hasil dari seleksi lomba tahun 2013 dan 2 finalis hasil dari seleksi lomba pada tahun 2014. Sehingga pada tahun 2015 ini dikirimkan 4 peserta dari Karawang untuk mengikuti babak final, karena sebelumnya sudah melawati dari tahapan seleksi   yang diantaranya  di awali dengan kegiatan workshop di Museum Sri Baduga Bandung. Dilanjutkan  babak penyisihan dan  besok  akan dilaksanakan babak final  di Saung Angklung Udjo Bandung.

Ayi berharap, seluruh peserta asal Karawang yang masuk final itu bisa menjadi juara pertama.

“Sehingga akan mengharumkan nama Karawang yang begitu piawai menggunakan bahasa ibu, dalam hal ini bahasa sunda,” pungkasnya. (may)

Category: Budaya, Karawang, SorotanTags:

No Response

Leave a reply "Seluruh Utusan Karawang Masuk Final Lomba Presenter Bahasa Sunda"