Dinsos Berupaya Bangun Panti Multifungsi Berskala Nasional

Rokhuyun-A.-Santosa-500x500

Karawang,KTD- Banyaknya orang-orang terlantar yang memiliki masalah kesejahteraan sosial yang tidak diketahui alamatnya dengan jelas, serta menderita sakit dan setelah dirawat di rumah sakit membuat Dinas Sosial Kabupaten Karawang merasa kesulitan untuk mengantarkan orang-orang tersebut kembali kepada keluarganya.

Seperti diakui oleh Rokhuyun Santosa Kepala Dinas Sosial Karawang, menurutnya Orang-orang tersebut yang menderita sakit dan memiliki masalah kesejahteraan sosial, dari rumah sakit daerah itu setelah perawatan lalu dikirimkan ke dinas sosial. Sedangkan mereka ini masih memerlukan suatu perawatan penyembuhan. Dalam artian sudah sembuh, namun belum sembuh seratus persen.

“Seharusny Karawang ini sudah waktunya memiliki panti dengan multifungsi, yang diperuntukan bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial,” ungkapnya saat ditemui dikantornya , Rabu (4/3).

Maka dari itu, untuk sementara dibelakang kantor dinas sosial ini ada satu kamar yang diperuntukan bagi orang-orang tersebut, namun bersifat sementara. Itupun dengan kisaran biaya 175juta rupiah untuk memperbaiki tempat tersebut, dengan bentukan rumah yang memiliki ruang tamu, toilet serta kelengkapan lainnya.

Selain itu Perlu diketahui untuk pembangunan ‘Panti multifungsi’ tersebut hanya baru tahap rencana. Kalaupun ada nantinya itu memerlukan kurang lebih 3 sampai 4 Hektar, jika seandainya dari pihak pemerintah daerah sudah dapat menyetujui ini dari pemerintah pusat akan mengupayakan untuk pembangunan gedungnya.

“Dari sejak saya menjabat menjadi kepala dinas sosial dari tahun 2013 sudah saya ajukan, Alhamdulillah hingga saat ini karena sehubungan ada yang lebih skala prioritas lagi usulan tersebut belum bisa terkabul,” ujarnya.

Selain itu, Saya sangat apresiasi sekali kepada rumah sakit daerah Karawang  sangat baik, seperti pada kasus tempo hari ditemukan 3 orang penyandang kesejahteraan sosial yang buang begitu dan entah dari mana asalnya kemudian dalam keadaan sakit. Orang-orang tersebut dibawa oleh masyarakat ke BLK Rengasdengklok yang juga milik dinas sosial kabupaten Karawang, kita urus dengan treatmen-treatmen khusus hingga mendapatkan dimana alamat orang tersebut hingga kami bisa mengembalikan kepada keluarganya, bebernya.

“Sekelas Karawang sekarang ini, memang sudah harus memiliki ‘Panti Multifungsi’. Jika usulan tersebut dikabulkan oleh Pemerintah Daerah, maka itu bisa diperuntukkan nasional, akan tetapi tetap mengedepankan orang-orang Karawang terlebih dahulu,” pungkasnya (may)

Category: SorotanTags:
No Response

Leave a reply "Dinsos Berupaya Bangun Panti Multifungsi Berskala Nasional"