Kerap Dilintasi Kendaraan Beronase Besar Jalur Alternatif Irigasi Johar Rusak parah

jln rusak

Karawang,KTD- Banyaknya volume kendaraan jenis bus dan kendaraan berskala besar lainnya, yang melintasi Jalur alternatif tanggul irigasi Johar kini mengalami kerusakan, hal tersebut dikeluhkan warga pengguna jalan. Pasalnya, jalan alternatif tanggul johar kini menjadi jalur yang kerap dilalui kendaraan berskala besar, seiring memasuki musim penghujan membuat jalan tersebut rusak dan berlubang. Sehingga, kerap menimbulkan kemacetan dan tak jarang menelan korban jiwa.

Pantauan Tim Liputan Karawangtoday dilapangan, daerah yang rusak dan berlubang di mulai dari jalan Stadion Singaperbangsa, Kodim hingga tembus Jalan Johar ada beberapa titik jalan yang rusak dan tergenang air. Hal ini yang juga dikeluhkan warga dua bulan terakhir terkait masuknya kendaraan bertonase besar melalui jalur ini. Kemudian warga meminta kembali dibangun kembali portal agar kendaraan yang bertonase besar tidak bias melalui jalur tersebut.

Sementara itu, kurangnya pengawasan petugas dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karawang. Hilangnya portal itu memberikan kesempatan masuknya kendaraan skala besar dengan tujuan jalur cepat menuju Johar, namun hal demikian justru membahayakan terlebih seringkali mobil skala besar yang masuk itu ugal-ugalan di jalan yang sebelumnya diperuntukan untuk kendaraan pribadi dan angkutan umum.

Seperti yang dikeluhkan Ujang (22), pengguna jalan Johar mengatakan, “selain curah hujan yang cukup tinggi di kota karawang yang membuat jalan berlubang, kondisi jalan berlubang tersebut di perparah dengan masuknya kendaraan berskala besar ke jalur alternatif johar, membuat kondisi jalan semakin parah,’’ katanya.

Lanjutnya, mungkin harus ada himbauan kepada para pengendara roda dua agara lebih berhati-hati ketika melalui jalur ini. Jalan semakin sempit saat ini, karena adanya pengerukan tanah tanggul dan dibeberapa titik jalan yang berlubang jadi tidak terlihat saat tergenang air, tak jarang pengguna jalan yang menggunakan sepeda motor terjatuh akibat lubang yang tergenang air tersebut bahkan sempat menimbulkan korban jiwa karenanya.

Dikatakan ujang, dahulu jalur ini jarang dimasuki kendaraan-kendaraan besar. Tetapi sekarang saya lihat kerapkali melihat kendaraan besar memasuki jalur ini, setidaknya walaupun curah hujan tinggi jika hanya digunakan dan dilalui kendaraan-kendaraan kecil mungkin meminimalisir kerusakan jalan.

“Harus ada aturan yang tegas jadi dinas atau instansi terkait, tentang penggunaan jalan tersebut. Apakah akan kembali digunakan khusus kendaraan kecil saja atau dimasuki kendaraan besar juga. Agar memberi rasa aman kepada para pengguna jalan apapun nanti aturannya, ke depannya jalan tersebut dari mulai kualitas jalan harus sesuai dengan peruntukannya,” pungkasnya.(may)

Category: SorotanTags:
No Response

Leave a reply "Kerap Dilintasi Kendaraan Beronase Besar Jalur Alternatif Irigasi Johar Rusak parah"