Dana Siluman di APBD DKI Terus Diusut KPK

0 817

apbd siluman

Jakarta, KTD- Untuk menindak lanjut laporan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terkait adanya dana siluman dan dugaan penyelewengan anggaran dalam penggunaan APBD DKI Jakarta, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih terus melakukan pengumpulan data dan keterangan.

"Hingga saat ini pulbaket (pengumpulan bahan dan keterangan) masih terus dilakukan," ungkap  Plt Pimpinan KPK, Johan Budi, Selasa (17/3/15).

Sudah ada beberapa pihak yang dimintai keterangan pihak KPK terkait laporan Ahok. Namun, Johan belum bisa menjelaskan siapa saja pihak yang telah dimintai keterangan guna menverifikasi ada tidaknya dugaan korupsi dalam penggunaan APBD DKI 2012-2014 serta dugaan kongkalikong dalam penyusunan RAPBD 2015.

"Saya harus tanyakan dulu. Namun yang pasti kita sudah mendatangi kantor Pak Ahok juga," tegas Johan.

Diketahui, saat ini KPK tengah dalam tahap verifikasi terhadap laporan yang disampaikan Ahok. Ada dua pokok perkara yang dilaporkan Ahok, yakni soal dugaan penyelewengan penggunaan APBD DKI 2012-2014 dan dugaan kongkalikong dalam penyusunan RAPBD DKI tahun 2015. Jumlah uang yang diteliti KPK bernilai puluhan triliun rupiah.

KPK pun berusaha agar secepatnya bisa melakukan ekspose terkait hasil pulbaket terhadap laporan Ahok. Forum ekspose nantinya yang akan menentukan apakah laporan Ahok sudah bisa naik ke penyelidikan atau masih perlu tambahan di tingkat pulbaket.(bbs) 

Category: HukrimTags:
No Response

Leave a reply "Dana Siluman di APBD DKI Terus Diusut KPK"