Jajanan Berbahan Formalin Dan Pewarna Textil Marak Di Sekolah

beberapa  anak SD sedang membeli makanan

Karawang,KTD- Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang telah merilis daftar sekolah yang mereka sidak selama tahun 2014 dari segi makanan dan minuman yang mengandung bahan baku formalin, boraks, dan pewarna tekstil.

Selama tahun2014 kami sudah menyidak ke Sekolah-Sekolah Dasar di hampir seluruh Kabupaten Karawang, dan hasilnya sungguh mengejutkan, dari 60 sekolah dasar, hanya 14 sekolah yang  tidak terdapat makanan dan minuman yang tidak mengadung formalin, boraks, dan pewarna tekstil, sekitar 28,92%. Ungkap Mohamad Alwi ( Kepala bagian makanan, minuman, farmasi dinas kesehatan Karawang) .

Lebih lanjut Alwi menerangkan, “ berarti selama ini di setiap sekolah terdapat beberapa siswa yang memakan  makanan yang mengandung formalin, memang ini adalah pekerjaan yang sangat berat bagi dinas kesehatan, karena untuk mengatasi makanan yang mengandung formalin itu sangat sulit, sebab  pemakaian formalin tidak hanya dilakukan oleh oknum penjual saja, tetapi juga oleh oknum nelayan, “ tambahnya.

Seperti contoh otak-otak, dan bakso ikan dari awal nelayan mengambil ikan dilaut dan menyimpannya mereka sudah memakai formalin, dan setelah sampai di tangan para penjual mereka memakai formalin kembali, dan ini adalah tugas yang berat yang tidak bisa dilakukan dinas kesehatan sendiri, tetapi dibantu instansi-instansi dinas terkait.

“Tapi dengan himbauan dan penyuluhan ke masyarakat, dan kerja sama antara dinas-dinas terkait, dan kesadaran dari masyarakat akan makanan sehat,  makanan yang mengandung formalin, boraks, dan pewarna tekstil  insya allah bisa berkurang”. Pungkasnya.(may)

Category: Karawang, Kesehatan, SekolahTags:
No Response

Leave a reply "Jajanan Berbahan Formalin Dan Pewarna Textil Marak Di Sekolah"