Warga Tamansari Keluhkan Pabrik Oli, Yang Cemari Lingkungan Warga

oli

Karawang,KTD- Menanggapi keluhan warga Kampung Parung Laksana dan Desa Tamansari Kecamatan Pangkalan yangmerasa terganggu dengan adanya pabrik oli yang berlokasi  di wilayah tersebut.

Pasalnya, beberapa waktu lalu pabrik oli tersebut telah ditutup oleh Badan Pengelola Lingkungan Hidup(BPLH) Karawang. Pasalnya kegiatan  tersebut tentunya sangat dikeluhkan warga sekitar serta pencemarannya terhadap lingkungan sangat berdampak besar.

Hal ini diakui warga setempat Dedi Sp mengatakan,  ada dua titik pabrik oli di desa Tamansari ini dan semuanya tidak ada izinnya. Untuk polusi udara tidak begitu banyak dibanding dengan pembakaran batu kapur, tetapi bau yang ditimbulkan itu yang jadi masalah, sangat menyengat.

“ Bukan hanya polusi udara saja, tapi yang sanagat mengganggu adalah baunya itu sangat menyengat,” ungkapnya.

Dikatakan Dedi, warga sekitar sudah sering mengeluhkan tentang keberadaan pabrik tersebut yang terlalu dekat dengan pemukiman warga. Selama ini masyarakat setempat bungkam dan takut untuk melawan, belum diketahui apa alasannya.

“Saya harap ada perhatian dari dinas terkait, untuk kembali melakukan tindakan apabila memang terbukti ada pencemaran, ditambah lagi pabrik-pabrik yang dimaksud belum memiliki izin,” tuturnya.

Sementara itu, ditempat berbeda Andi (45) warga setempat mengeluhkan hal serupa yang terjadi di Kampung Kiara Payung pihaknya mengatakan, saya khawatir limbah dari pabrik oli itu mencemari sungai Cibeet. “ Karena pabriknya terlalu dekat dengan badan sungai cibeet serta pemukiman warga,” ujarnya.

Diterangkan Andi, harus ada tindakan segera untuk menyelamatkan sungai jika disana terjadi pencemaran. Karena sebagian masyarakat disana takut untuk melaporkan. Kemudian mereka disana hanya besikap apatis. Padahal setiap hari mereka mengeluh terhadap pabrik tersebut yang kerap menimbulkan bau yang menyengat.

“Semoga BPLH kembali datang ke tempat tersebut, untuk memberi peringatan kepada pabrik itu. Karena Oli sendiri bisa masuk kedalam kategori Limbah B3,” pungkasnya.(may)

Category: Karawang, Kepolisian, KesehatanTags:
No Response

Leave a reply "Warga Tamansari Keluhkan Pabrik Oli, Yang Cemari Lingkungan Warga"