Para Peserta UN Paket C Tidak Diberikan Ijin, PNFI Berencana Lakukan Sosialisasi ke Pihak Perusahaan

Amid Mulyana

Karawang,KTD-Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Non Formal Informal (PNFI) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang, Amid Mulyana berencana akan melakukan sosialisasi Pendidikan Kesetaraan Paket C kepada seluruh manajemen perusahaan yang ada di Karawang dengan memanfaatkan tugas, pokok dan fungsi para penilik.

Rencana sosialisasi tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi agar peristiwa ketidakhadiran para peserta Ujian Nasional (UN) Paket C tidak terulang lagi di tahun-tahun mendatang. Karena sebelumnya diketahui, Dari 456 hanya 22 peserta Ujian Nasional (UN) Paket C yang ikut ujian susulan, Senin (20/4) di SMK Pertanian Karawang. Keterangan dari sejumlah Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM), sebanyak 434 yang tidak ikut susulan ini mayoritas tidak mendapat ijin dari tempat mereka bekerja.

“Kita akan melayangkan surat edaran pemberitahuan yang langsung ditanda-tangani oleh kadisdikpora,” ungkap belum lama ini.
Amid merasa langkah sosialisasi itu merupakan salah satu cara terbaik agar pihak manajemen perusahaan dapat memahami pentingnya pendidikan kesetaraan, sebab sebagian besar para peserta UN Paket C banyak yang berpfosesi sebagai karyawan pabrik.

“Ya semoga dengan adanya sosialisasi ini nantinya, para manajemen perusahaan bisa memberikan ijin kepada para karyawanya yang sedang menempuh pendidikan non formal agar bisa mengikuti ujian susulan UN Paket C tahun depan,” katanya.

Selain melakukan kegiatan sosialisasi, rencananya pihak PNFI juga akan meminta bantuan pihak manajemen perusahaan untuk mendata ulang para karyawanya yang pernah menempuh pendidikan kesetaraan di tahun-tahun sebelumnya untuk dilakukan legalisasi ulang ijazah paket.

“Pendataan ulang dilakukan untuk mengetahui apakah si karyawan benar-benar menggunakan ijazah asli atau bodong? Misalkan ketahuan bodong kan yang rugi perusahaan itu sendiri. Karena ternyata mempekerjakan karyawan yang mungkin saja hanya lulusan SD atau SMP. Tapi karena punya ijazah bodong setara SMA akhirnya diterima jadi karyawanya,” pungkasnya. (las)

Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "Para Peserta UN Paket C Tidak Diberikan Ijin, PNFI Berencana Lakukan Sosialisasi ke Pihak Perusahaan"