Asep Agustian : “PPDB Online Tahun Ini Akan Lebih Kacau dari Tahun Sebelumnya”

ppdb

Karawang,KTD-Wacana pemberlakuan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem online yang akan diterapkan di sekolah swasta tahun ini, nyatanya tidak selamanya mendapatkan respon positif. Respon berbeda datang dari pengacara nyentrik Asep Agustian, atau yang biasa dikenal sebagai Asep Kuncir.

Secara blak-blakan, Asep menilai pemberlakuan PPDB online bagi sekolah swasta adalah sesuatu yang mengada-ada, meskipun salah satu alasanya adalah ingin mengubah “negeri minded” masyarakat Karawang terhadap sekolah swasta, namun dirinya yakin, pemberlakukan tersebut tidak akan mempengaruhi apapun juga bagi pendidikan di Karawang.

“Justru saya jamin akan lebih kacau dari tahun sebelumnya,” ucap Asep ketika ditemui di kantornya beberapa waktu lalu.
Asep sebelumnya sempat mempelajari dan membaca beberapa respon dari berbagai macam pihak mengenai wacana penerapan PPDB online sekolah swasta di media lokal belum lama ini. Asep menganggap pelaksanaan PPDB online bagi sekolah swasta yang akan dilakukan lebih awal dibanding sekolah negeri merupakan bahan dagelan yang sempat membuatnya tertawa terpingkal-pingkal.

“Itu kata Nandang (Kabid Dikmen) Disdikpora, katanya swasta mau di online-in dulu kan? Trus sekarang pakai logika aja deh. Mana ada orang tua yang mau ngedaftarin anaknya ke sekolah swasta dulu? Pastinya pengen ke negeri dululah. Kalau udah tidak diterima di negeri, nah baru pilihan terakhirnya ke swasta,” ujarnya.

Menurutnya, pemerintah Karawang belum bisa siap dalam menerapkan PPDB online. Meskipun sebenarnya maksud dan tujuanya adalah baik. Kata Asep, pemerintah sudah seharusnya konsekuen menerima resiko yang nantinya akan dihadapi saat PPDB online mulai diberlakukan.
Dirinya mencontohkan seperti tahun kemarin, baginya pelaksanaan PPDB online gagal total. Sebab pasca pelaksanaan tersebut ada masalah-masalah baru yang seharusnya tidak muncul.

“Ya itu masalah SMAN 6 Karawang yang tiba-tiba muncul. Lalu masalah eksodus siswa ke SMPN 1 Karawang. Itu kan bukti bahwa Disdikpora tidak konsekuen menerima resikonya,” pungkasnya. (las)

arppdb)

Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "Asep Agustian : “PPDB Online Tahun Ini Akan Lebih Kacau dari Tahun Sebelumnya”"