Kadisbudpar : “Bisnis Perhotelan Berpotensi Sumbang PAD Terbesar”

Karawang, KTD- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Karawang berusaha semaksimal mungkin untuk menggali potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor perhotelan. Potensi tersebut dinilai cukup menjanjikan jika dilihat dari perkembangan bisnis perhotelan di Karawang selama ini.
"Pastinya dengan perkembangan hotel di Karawang akan menjadi salah satu target PAD dan ini bisa menjadi primadona PAD,"kata Kepala Disbudpar Karawang, Okih Hermawan kepada Koran Pembaruan saat ditemui dalam Kegiatan Workshop Bina Usaha Kepariwisataan belum lama ini.

Okih mengungkapkan, pencapaian dan target PAD yang telah dihasilkan oleh bisnis pariwisata dan perhotelan di Karawang pada tahun-tahun ke belakang bisa dilihat datanya di Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan, Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Karawang.
“Angkanya kemungkinan bisa mencapai puluhan miliar,” katanya.

Maka dari itu untuk langkah ke depan, pihaknya akan terus berupaya melakukan sinergitas agar tercapai peningkatan pengunjung tujuan wisata ke Karawang dengan keberadaan perhotelan dalam mendongkrak PAD.
"Potensi wisata yang ada akan kita kembangkan, semua harus sinergitas antara objek wisata dengan sarana dan prasaran yang dimiliki,"ujarnya.
Pihaknya berencana menggandeng Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Karawang serta pelaku usaha lainnya. Nantinya, ucap Okih, pengelolaan bidang pariwisata tidak hanya pemerintah saja, melainkan pelaku usaha di bidang kepariwisataan.

"Ada PHRI yang bisa dijadikan wadah. Kita ingin mensinergikan berbagai macam pihak, mulai dari kementrian, provinsi dan daerah dalam mengembangkan sektor pariwisata ini,"ucapnya.
hotel
Melihat perkembangan industri perhotelan dan pariwisata di Kabupaten Karawang yang semakin pesat, kata Okih, menurutnya hal tersebut merupakan momentum tepat bagi pihak PHRI dan Disbudpar Karawang agar saling bersinergi mengangkat dan mengembangkan sektor pariwisata serta kearifan lokal Karawang.
"Ini juga akan menjadi tempat yang ideal bagi ajang promosi kebudayaan,"pungkas Okih. (Las)

Category: Budpar, Karawang, Life Style
No Response

Leave a reply "Kadisbudpar : “Bisnis Perhotelan Berpotensi Sumbang PAD Terbesar”"