Perayaan Waisak di Karawang Berjalan Lancar

0 1269

 

download

Karawang, KTD- Perayaan besar Waisak umat Budha di Candi Jiwa yang berlokasi di Batujaya Desa Segaran berjalan khusyu dan khidmat, dihadiri  Bupati H.Ade Swara beserta jajaran Pemerintah Daerah Karawang, Minggu (25/5/14).

Bhiksu Uttamo Mahathera sebagai penceramah perayaan Waisak mengatakan, orang yang membenci akan makin berkurang bila manusia saling introspeksi.

 "Bila kita yakin punya kelebihan dan kekurangan, kita bisas bergaul. menjalin kerukunan dasar keutuhan sesuai tema. 
toleransi sejauh mana kita tahan pada kekurangan orang lain. Orang banyak beranggapan bila rumah tangga seperti kucing dalam karung. Jadi bila ada kekurangan terima saja," ujarnya.

Sementara itu Bupati Karawang mengatakan, perayaan Waisak merupakan hari bersejarah bagi umat Budha.

"Tentang Candi Jiwa selalu disampaikan tiap tahun. Namun terpenting kita ambil hikmahnya.Menurut ajaran Budha, kita semua  harus mengacu kepada orang soleh. Jika secara pribadi sudah terbangun jadi orang soleh, maka bisa dikembangkan menjadi kesolehan sosial," ujarnya.

Menurutnya, sikap itu harus bisa  diaplikasikan dalam keseharian.

"Itu semua tergantung pribadi masing-masing. Semua ajaran agama pada dasarnya mengajarkan hal yang baik," tambahnya.

Pun dalam kehidupan beragama, telah dilindungi dengan aturan agar kerukunan antar umat beragama bisa terjaga. Sehingga Ade Swara menghimbau agar kerukunan umat beragama bisa terpelihara dengan baik.

Perayaan Waisak di Candi Jiwa tahun ini juga dihadiri Dirjen Bimas Budha Kemenag RI,  Drs. Daskin. Mpd dan sejumlah umat Budha dari Karawang, Cikarang dan Bekasi. (Yfs)

Category: Budaya, Karawang, UncategorizedTags:
No Response

Leave a reply "Perayaan Waisak di Karawang Berjalan Lancar"