Tiap Tahun, Jumlah Anak Jalanan di Karawang Meningkat

Karawang,KTD- Dalam satu tahun terakhir, jumlah anak jalanan di Karawang meningkat . Hal ini jelas membawa dampak buruk bagi anak jalanan yang seharusnya dapat tumbuh secara wajar.
"Secara umum, anak jalanan meningkat bukan karena kondisi Karawang yang makin buruk. Tapi, justru kondisi di luar Karawang yang kurang beruntung bagi mereka, sehingga mereka datang ke Karawang, itu yg terjadi. Bukan karena ada hal kemiskinan dan lainnya," ujar Kepala Dinas Sosial ,Rokhuyun kepada Karawangtoday.com (26/6).
anjal

Keberadaan anak jalanan ini memiliki risiko sendiri bagi mereka. Contohnya, anak jalanan sangat rentan menjadi korban eksploitasi, tindak kekerasan, dan korban pelecehan seksual.
Berdasarkan data dari Dinas Sosial di Karawang, jumlah anak jalanan untuk sekarang mencapai ribuan orang. Pada umumnya mereka bekerja sebagai pengemis, pengamen, pengelap kaca mobil, pedagang asongan, joki 3 in 1, dan parkir liar.

Menurut dia, anak jalanan di Karawang ini biasanya bukan merupakan penduduk asli Karawang. Anak jalanan ini lebih banyak berasal dari luar Karawang. Bahkan, terkadang keberadaan anak jalanan ini sudah dikoordinasi pihak tertentu.
"Anak jalanan ada yang mengoordinasi, ada EO-nya, seperti menyewakan anak balita," ungkapnya.

Permasalahan anak jalanan ini merupakan masalah bersama yang harus dicari solusinya bersama. Untuk mencegah bermunculannya anak jalanan yang berasal dari daerah, semestinya perekonomian daerah dikembangkan. Ia juga mengungkapkan bahwa target yang ditetapkan oleh dinsos dan juga pemerintahan setempat adalah bebas dari anak jalanan.

Sejauh ini, pihaknya telah berusaha melakukan penertiban terhadap anak jalanan dan penyandang masalah kesejahteraan sosial selama bulan Ramadhan ini.Namun,untuk saat ini tempat untuk di lakukannya pembinaan para anak jalanan belum tersedia.Maka dari itu dari pihak dinsos meminta kepada pemerintah untuk memberikan lahan kepada anak jalanan agar dapat menerima pembinaan dari dinsos.

Selain itu juga dinsos berharap agar pemerintah dapat secepatnya memberikan lahan untuk memfasilitasi anak jalanan yang ada di Karawang ,sehingga dapat membina dan melindungi anak jalanan .(may)

Category: Karawang, Masalah Sosial
No Response

Leave a reply "Tiap Tahun, Jumlah Anak Jalanan di Karawang Meningkat"