Kadisdukcapil Sarankan Masyarakat Tangani Sendiri Pembuatan Administrasi Kependudukan

Karawang,KTD- Menyikapi banyaknya pemalsuan KTP, KK dan Akte Kelahiran yang marak dilakukan belakangan ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil(Disdukcapil) Kabupaten Karawang menyarankan agar urusan administrasi kependudukan berupa kartu tanda penduduk dan kartu keluarga dilakukan sendiri oleh masyarakat, dengan kata lain tidak melalui perantara.
“Dalam ketentuannya membuat KTP dan KK itu gratis. Jadi lebih baik tidak melalui perantara saat mengurus pembuatan KTP dan KK. Apalagi dengan adanya kolektif dan jalur cepat bisa menyimpang dari aturan, padahal seperti pembuatan dengan cara dengan duplikasi (scan) itu menyalahi aturan dan ada pidanannya,” ungkap Kadisdukcapil Yudi Yudiawan.
KTP

Dikatakannya, jika pembuatan KTP dan KK itu dilakukan sendiri oleh masyarakat secara langsung, bisa dijamin tidak akan ada biaya. Sedangkan jika pembuatan KTP dan KK melalui perantara, Disdukcapil tidak menjamin itu gratis. Dan dihimbau kepada masyarakat agar tidak coba-coba memalsukan dokumen-dokumen KTP ataupun KK tersebut.
“Pembuatan KTP dan KK itu gratis, jika diurus sendiri. Tetapi jika melibatkan perantara, kami tidak menjamin itu tetap gratis,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya pun terus melakukan dan memberikan imbauan kepada masyarakat agar memahami dan menegerti tata cara mekanisme terkait pembuatan KTP, KK dan Akte Kelahiran.
Sementara, hal serupa dikatakan oleh Kepala Bidang Kependudukan Disdukcatpil, Lilis Jayasutisna. Menurutnya terkait adanya pemalsuan baik KTP, KK ataupun Akte Kelahiran dirinya tidak pernah menduga hal ini akan terjadi, namun antisipasi dan langkah-langkah yang dilakukan telah diupayakan.
“Kami sedang mengupayakan untuk mengirimkan surat edaran ke kecamatan yang di setujui oleh Kepala dinas terkait himbauan pemalsuan dokumen,” bebernya.
Kemudian, dirinya pun mencoba merealisasikan imbauan tersebut kedalam bentuk spanduk ataupun poster agar bisa di pahami oleh masyarakat terkait pemalsuan dokumen-dokumen tersebut. (May)

Category: Karawang, Pelayanan Publik
No Response

Leave a reply "Kadisdukcapil Sarankan Masyarakat Tangani Sendiri Pembuatan Administrasi Kependudukan"