Tiga Pasangan Balon Bupati Karawang Mendaftar ke KPU

foto

Karawang, KTD- Tiga pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Karawang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari pertama pembukaan pendaftaran yang dibuka kemarin. Ketiga pasang calon ini satu pasangan dari partai politik dan dua pasangan dari jalur independen atau perseorangan.

Pasangan Balon bupati dan wakil bupati yang diusung koalisi partai Golkar, Nasdem dan Gerindra, Saan Mustopa dan Iman Somantri, menjadi pasangan pertama yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang.

Pasangan. Nanan Taryana dan Asep Agustian dari jalur perseorangan menjadi pasangan yang kedua mendaftar ke KPU. Sementara Pendaftar ketiga pasangan Daday Hudaya dan Edi Yusuf yang datang bersama ratusan pendukungnya memenuhi halaman KPU hingga ke jalan raya.

Saan dan Iman, datang ke kantor KPU Karawang dengan cara bersepeda dengan diiringi oleh ratusan anggota komunitas sepeda. Saan yang mengenakan kemeja putih nampak bersemangat mengayuh sepeda.

Saan Mustopa, mengatakan, pendaftaran yang dia lakukan bukan hanya sebagai upaya pemenuhan persyaratan, akan tetapi, hal itu juga dilakukan sebagai upaya untuk memenuhi apa yang diperintahkan oleh undang - undang dan PKPU. "Ini upaya kami untuk memenuhi apa yang undang - undang amanatkan," kata Saan.

Saan mengatakan, ketika ada kekurangan dalam berkas yang disampaikan oleh timnya, ia mengatakan, hal tersebut akan segera dipenuhi. Pasalnya, dalam Pilkada yang dilakukan saat ini yang menjadi pegangan semuanya adalah UU Pilkada.

Sementara itu pasangan dari jalur perseorangan Nanan Taryana dan Asep Agustian mengaku optimis untuk bisa memenangkan Pilkada yang akan dilaksanakan 9 Desember tahun ini. Kemenangan, kata Asep Agustian, sangat ditentukan oleh strategi yang dilaksanakan masing-masing calon dan tim yang dilapangan.

Ia mengatakan, semangat berlangsungnya Pilkada kali ini haruslah sesuai dengan semangat yang diamanatkan oleh undang - undang, yakni berlangsungnya Pilkada yang baik dan demokratis.

Pasalnya, Pilkada yang berkualitas dan demokratis akan menghasilkan calon kepala daerah yang berkualitas yang memiliki integritas dan memiliki kepedulian terhadap Karawang. "Rasa memiliki dan kepedulian Karawang akan menjadi penting, karena dengan rasa itu akan menjadikan Karawang lebih baik," tegasnya.

Saan juga menambahkan, untuk menciptakan Pilkada yang baik dan demokratis harus memegang teguh tentang prinsip - prinsip demokrasi tersebut, yakni adanya indenpendensi yang dari penyelenggara Pilkada. Independensi dan kemandirian itu penting.

Untuk itu, ia berharap penyelenggara Pilkada akan mampu memegang prinsip - prinsip demokrasi, hal itu untuk mencegah pelaksanaan kecurangan yang akan dilakukan di Karawang nanti.

"Kami juga siap mengantisipasi adanya kecurangan dalam Pilkada yang akan datang, karena kami ingin, pemimpin yang dihasilkan dari proses Pilkada tersebut adalah pemimpin yang miliki integritas, kapabiltas dan kepedulian terhadap Kabupaten Karawang," pungkasnya.

Asep Sugiarto, anggota komisioner KPU Kabupaten Karawang mengatakan, dari data yang diserahkan oleh koalisi partai pendukung pasangan Saan Mustopa dan Iman Somantri, semuanya telah memenuhi syarat untuk mencalokan diri pada Pilkada yang akan datang.

Pasalnya, seperti syarat dukungan, rekomendasi, serta visi dan misi yang sesuai dengan RJPMD yang sesuai dengan daerah juga telah ada. Bahkan, surat persetujuan dari tiga partai pendukung juga sudah terpenuhi. "Yang belum ada memang adalah rekening kampanye, sesuai PKPU sudah dinyatakan untuk menyerahkan rekening kampanye," terangnya.

Pasangan Saan Mustopa dan Iman Sumantri, didukung oleh tiga partai. Ketiga partai tersebut memiliki jumlah kursi sebanyak 17 kursi di parlemen atau 34 persen. " Kalau suara sekitar 36 persen," tukasnya.

Dadang S Mukhtar, Ketua Tim Pemenangan pasangan Saan Mustopa dan Iman Sumantri mengatakan, terkait kekurangan persyaratan, pihaknya akan penuhi sebelum waktu pendaftaran habis. Pasalnya, kekurang rekening kampanye tersebut terbentur dengan waktu libur. "Senin dipastikan sudah terpenuhi," tegasnya. (Mae)

Category: Karawang, KPU, Pilkada, Politik
No Response

Leave a reply "Tiga Pasangan Balon Bupati Karawang Mendaftar ke KPU"