Distanhutbunak, Segera Uji Kandungan Padi Yang diduga Tercemar

Karawang,KTD- Menanggapi permasalahan tentang padi Karawang bagian timur yang disinyalir tercemar akibat dari pengairan persawahan yang bersumber dari bendungan Barugbug oleh limbah industri, membuat beberapa pihak menyatakan agar Dinas Pertanian, Perhutanan dan Peternakan (Distanhutbunak) segera mengecek kandungan beras atau padi hasil panen dari sawah yang tercemar.

Hal ini pun di setujui oleh Kadistanhutbunak, Kadarisman untuk segera menegecek kandungan dari padi tersebut.
padi tercemar

Kadarisman menyatakan untuk beberapa minggu kedepan akan ada pengecekan kandungan logam yang dilakukan oleh tim arsenik dari Jakarta. “ini sangat bertepatan sekali, mungkin tim tersebut akan saya arahkan kebagian timur Karawang yakni Cikampek, Jatisari, Cilamaya,” ungkapnya.

Namun, lanjutnya, yang menjadi kendala di Karawang ini. Biasanya petani setelah memanen padi tersebut, langsung menjualnya. Dirinya berharap pada saat dilakukan pengujian nanti, sample-sample dari padi yang tercemar itu masih ada dan tidak langsung di jual oleh warga.

Selain itu, dirinya pun meminta agar hal ini di koordinasikan dengan instansi terkait serta legislatif terhadap permasalahan ini. Agar benar-benar medukung dengan adanya pengujian kandungan beras Karawang ini.

“Saya pun akan sounding kepada dinas-dinas yang ada hubungannya dengan permasalahan ini. Terutama dukungan dari para legislatif yang mana ini kan menyangkut ikon Kabupaten Karawang sebagai lumbung padi nasional, masa nanti berasnya mengandung racun,” bebernya.

Sementara itu, dirinya menanggapi terhadap cepat tanggapnya mahasiswa pertanian Universitas Singaperbangsa Karawang untuk mengawal pemerintah dalam pengujian kandungan beras Karawang ini.

“Saya sangat apresiasi kepada teman-teman mahasiswa pertanian yang siap mengawal dalam uji kandungan beras ini, bahkan terakhir saya dengar mahasiswa pertanian tersebut berkoordinasi dengan fakultas-fakultas pertanian yang ada di universitas seluruh Indonesi",pungkasnya.(May)

Category: Karawang, Lingkungan Hidup
No Response

Leave a reply "Distanhutbunak, Segera Uji Kandungan Padi Yang diduga Tercemar"