KIIC Klaim Temukan Pencemar Sungai Cikalapa

 

limbah cikalapa

Karawang,KTD- Pihak manajemen KIIC melalui bagian Goverment Relation Securitynya melakukan koordinasi dengan pihak BPLH Kabupaten Karawang dan beberapa pemerhati lingkungan serta pihak Kepolisian untuk mengklarifikasi terkait pencemaran yang terjadi di sungai Cikalapa serta menjelaskan tentang temuannya di lapangan atas adanya pihak lain yang tertangkap tangan membuang limbah ke sungai Cikalapa tersebut.

“Maksud dari tujuan pertemuan hari ini intinya pertama mengklarifikasi informasi-informasi pencemaran kali Cikalapa yang semakin hari semakin condong mengerucut kepada kami, kemudian yang kedua kami menemukan pihak lain yang membuang limbah ke kali Cikalapa,” ungkap Satia Gumilar kepada awak media.

Dikatakan Satia, pada pukul 03.00 subuh Ia bersama teamnya menemukan lokasi yang memang di indikasikan merupakan lokasi tempat pembuangan limbah tersebut. Untuk lokasi sendiri terletak di tol Jakarta-Cikampek tepat di bawah jembatan menuju KIIC, disana pihaknya menemukan 4 titik yang diduga tempat digelontorkannya limbah dari pihak lain tersebut.

Kemudian, sambungnya, pembuangan limbah itu tepat berada di aliran tersier menuju kali Cikalapa dan sebagian dari limbahnya di buang ke rumput-rumput yang berada di bahu jalan tol.

“Walaupun limbah tersebut di buang ke rumput-rumput tetapi pada saat hujan turun tetap akan mengalir ke kali Cikalapa, karena bertepatan dengan musim kemarau akhirnya kami mendapatkan bukti-bukti yang tersisa di lapangan,” tuturnya.

Demikian, pihaknya telah mengantongi identitas pihak lain yang membuang limbah ke aliran kali Cikalapa. “Saat ini kami belum berani untuk membuka identitas pembuang limbah tersebut menghindari azas praduga tak bersalah. Nomor polisi dari kendaraan yang digunakan untuk membuang limbah kita dapat, perusahaan yang di indikasikan pembuang limbahnya pun sudah kami kantongi, Kemudian dari mana asal limbah diambil pun kami dapatkan atas dasar kesaksian dari sopir yang membawa kendaraan tersebut.” Bebernya.

Sementara itu, Bambang Setiabudi rekan satu manajemennya menambahkan, sebenarnya pihak KIIC dengan BPLH Kabupaten Karawang sudah mengerucut kepada lokasi tersebut, hanya saja belum ada koordinasi dari dua belah pihak dalam investigasi ini.

“Kurang lebih satu meter dari jembatan lokasi pembuangan limbah ini, di duga limbah yang di buang mencapai 10.000 Liter dari dua mobil tangki yang digunakan. Dilihat dari titik-titik pembuangan yang ada, di pastikan ini sudah dilakukan berkali-kali,” ujarnya.

Dijelaskan Bambang, pihaknya belum bisa mengekspose identitas dari perusahaan yang di indikasikan pembuang limbah tersebut. Tetapi atas adanya pertemuan ini manajemen mengaku ada sedikiti pencerahan dari permasalahan pencemaran kali Cikalapa ini. (May)

Category: Karawang, Lingkungan HidupTags:
No Response

Leave a reply "KIIC Klaim Temukan Pencemar Sungai Cikalapa"