Miing Peduli Kelestarian Seni Dan Budaya Karawang

2225268

KTD-Kecintaan dan kesetiaan Tubagus Dedi Suwendi Gumelar atau dikenal Miing “bagito” terhadap karya-karya seni dan budaya di Indonesia tak dapat dihilangkan. Miing yang sudah lama menggeluti karir sebagai seniman terpantau masih sangat peduli.

Pada hari Selasa (12/8) malam, miing hadir di Pintonan kasenian milangkala ke 6 di Saung Bereum Rengasdengklok Kabupaten Karawang. Pintonan kasenian adalah hiburan kasenian yang menampilkan karya-karya seni dan budaya yang ada di Karawang. Menurut Miing, kehadirannya di acara pintonan kasenian ini sebagai undangan sekaligus tamu kehormatan karena dirinya merasa sangat akrab dengan komunitas seniman yang terjalin di Saung Beureum. “ Saya seniman diundang kesini, saya datang dan saya memang akrab sekali sama mereka”. Ujar miing kepada karawangtoday.com

Miing menambahkan “ Terlepas saya tidak jadi calon pun, saya tetap akrab sama mereka-mereka dari mulai Subang, Purwakarta dan Bandung dengan komunitas seni saya akrab”.

Langkah melestarikan karya seni dan budaya sunda di Karawang itu suatu kehebatan dan kebangggaan, dibutuhkan Kemandirian dan keberanian juga. “ Oh.. Ini langkah yang sangat hebat dan membanggakan, mandiri tanpa meminta-minta bantuan tanpa mengemis-mengemis ke Pemerintah tanpa mengeluh mereka komunitas seni ini bikin sendiri. Dan dibutuhkan masyarakat terutama masyarakat Sunda ya yang punya akar budaya”. Tandas miing kepada karawangtoday.com.

Miing melanjutkan “ Karawang sebagai bagian dari masyarakat Sunda juga membutuhkan, karena kesenian dan budaya Sunda salah satu cikal-bakal nya dari Karawang”.

Ditanya terkait dukungan dan kepeduliaannya sebagai seniman dan juga Balon Wakil Bupati Karawang terhadap bangkitnya kesenian dan budaya sunda di Karawang,dirinya menegaskan hal itu sebagai sebuah keharusan. “ Pastilah, Saya seniman, pasti saya harus bangkitkan budaya sunda, budaya-budaya lain yang ada disini, seni-seni lain yang ada disini” Ujar miing kembali kepada karawangtoday.com. (Udi)

Category: Budaya, Budpar, Karawang, Pilkada, Politik, Seni dan BudayaTags:
No Response

Leave a reply "Miing Peduli Kelestarian Seni Dan Budaya Karawang"