Pendatang Harus Secepatnya Serahkan Surat Keterangan Pindah

disdukcapil_tangerang.655x330

KTD-Pendatang yang pindah ke Karawang diingatkan untuk meminta surat keterangan pindah dari daerah asal agar administrasi kependudukannya bisa diproses di daerah ini.

"Mereka yang pindah ke Karawang, harus membawa surat keterangan pindah dari daerah asal. Kalau mereka masih terdaftar sebagai penduduk di daerah asal, maka kami tidak bisa mencatat administrasinya di Karawang," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jajat Kusnadi.

Usai lebaran, penduduk Karawang bertambah seiring dengan banyaknya pendatang yang ingin mengadu nasib di Kota industri ini. Pertumbuhan ekonomi yang cukup baik membuat daerah ini menjadi salah satu tujuan utama bagi para pencari kerja dari daerah lain.

Pencari kerja umumnya tertarik datang ke Karawang setelah melihat kerabat atau rekan mereka yang lebih dulu berhasil mendapatkan pekerjaan di Karawang ini. Kota Industri ini merupakan sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja.

Terkait fenomena ini, Jajat menegaskan bahwa pemerintah daerah tidak mungkin melarang siapapun yang ingin mengadu nasib di Karawang. Namun dari sisi kependudukan, pihaknya hanya menginginkan agar setiap pendatang di Karawang telah terdata dengan baik sesuai aturan.

"Saat pasca lebaran hanya terdapat 75 pelapor dan sisanya 2 atau 3 kali lipat dari sisa jumlah pendatang yang belum melapor atau memenuhi persyaratan. Yang jelas, sistem kependudukan sekarang sudah terintegrasi. Kalau sudah terdaftar di daerah lain, kalau mau daftar di Karawang maka harus pindah dulu. KTP bukan hanya identitas tapi juga untuk kepentingan lain," tambahnya.

Bagi pendatang yang belum memiliki surat keterangan pindah dari daerah asal, diharapkan segera mengurusnya. Tidak harus pulang ke kampung halaman, tetapi cukup meminta bantuan keluarga di kampung untuk melaporkan, kemudian mengirim surat keterangan pindahnya ke Karawang untuk dicatat di daerah ini.(May)

Category: Daerah, Karawang, Masalah Sosial, Pelayanan PublikTags:
No Response

Leave a reply "Pendatang Harus Secepatnya Serahkan Surat Keterangan Pindah"