Lahan Industri Karawang Dan Subang Jadi Bidikan PT Surya Semesta Internusa

proyek-infras

KTD-Semakin mahalnya lahan yang ada di kawasan Jakarta membuat salah satu perusahaan pengembang property dan lahan industri, yaitu PT Surya Semesta Internusa Tbk mengalihkan fokusnya untuk mengembangkan lahan yang ada di Kabupaten Karawang.

Presdir dari PT Surya Semesta Internusa Johannes Suriadjaja, mengatakan pada tahun ini pihaknya akan tetap menambah cadangan lahan, meskipun target penjualan lahan industri diturunkan. Kawasan Karawang dan subang menjadi pilihan perseroan, sedangkan kawasan Bekasi direncanakan mundur menjadi tahun depan.

Perseroan mengincar lahan seluas 400 hektare yang ada di Karawang, selain itu perseroan juga mengincar lahan seluas 500 hektare di Subang yang berdekatan dengan Tol Cikopo Palimanan, karena dinilai strategis dan akan terus berkembang seiring dengan pertumbuhan pengguna jalan tol tersebut. Hingga semester I tahun ini perseroan telah membebaskan 270 hektare lahan.

Johannes menambahkan minat investor asing untuk berinvestasi di Indonesia cukup tinggi, tercatat ada sebanyak 59 investor asal China yang berniat merelokasi pabriknya ke Indonesia sebagai pusat produksi untuk memenuhi pasar ekspor dan pasar domestik. Untuk itulah PT Surya Semesta mencoba mengambil peluang dengan menyediakan lahan dari kemungkinan terjadinya relokasi pabrik yang ada di China.

Hingga akhir tahun 2015, PT Surya Semesta menargetkan penjualan lahan bisa mencapai 20 hektare atau turun dari target sebelumnya yang mencapai 60 hektare. Sedangkan hingga Juni 2015, total lahan yang telah terjual mencapai 6,9 hektare dengan nilai mencapai Rp 385 miliar.

Sementara itu berdasarkan survei property komersial Bank Indonesia, hingga Juni 2015 penjualan lahan industri alami pertumbuhan sebesar 15,02 persen secara tahunan (yoy). Angka pertumbuhan pada tahun ini masih lebih tinggi dibandingkan dengan angka pertumbuhan pada Juni 2014 yang hanya sebesar 2,32 persen.

Kenaikan penjualan lahan tersebut juga berdampak kepada kenaikan harga jual tanah, dimana secara tahunan harga lahan industri naik sebesar 64,97 persen. Angka kenaikan ini masih lebih tinggi hampir 2 kali lipat jika dibandingkan dengan angka pertumbuhan tahunan pada Maret 2015 yang hanya sebesar 33,34 persen.(red)

Category: Ekbis, Ekbis, Industri, Karawang, PropertiTags:
No Response

Leave a reply "Lahan Industri Karawang Dan Subang Jadi Bidikan PT Surya Semesta Internusa"