Sungai Cibeet Dicemari Limbah B3

0 3158
Petugas unit Tipiter Polres Karawang turut turun untuk sidak di salah satu lokasi pengolahan limbah B3 di Desa Mulyajaya, Kecamatan Telukjambe Barat.

Petugas unit Tipiter Polres Karawang turut turun untuk sidak di salah satu lokasi pengolahan limbah B3 di Desa Mulyajaya, Kecamatan Telukjambe Barat.

 

Karawang,KTD- Sungai Cibeet di Desa Mulyajaya Kecamatan Telukjambe Barat telah ditemukan lokasi pengelolaan limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) saat Inspeksi Mendadak (sidak) pada Selasa (20/5) oleh Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) dan Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Polisi Resort Kabupaten Karawang.

Terkait pelaporan warga atas penemuan lokasi pengelolaan limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) yang mencemari Sungai Cibeet. Sidak dilakukan oleh Bidang Pengawasan Dampak Lingkungan (Wasdal) BPLH bekerja sama dengan Tipiter Polres karawang mendapati penemuan dumping (Penimbunan) limbah yang di kelola oleh masyarakat sekitar berjenis furnace slag (bekas peleburan timah), limbah berjenis B3 ini sangat merusak lingkungan, dan menyebabkan efek gatal terhadap kulit masyarakat.

Kepala Bidang Pengawas Dampak Lingkungan (Wasdal) BPLH Neneng Junengsih mengatakan “Kami telah menemukan 3 lokasi pengelolaan limbah B3 ilegal yang jelas telah mencemari sungai Cibeet,” ujarnya.

Saenim (Bos abang) dan Idham merupakan warga sekitar di Desa Mulyajaya yang diduga sebagai pengelola limbah B3, namun saat BPLH melakukan sidak mereka tidak ada di lokasi.

Langkah selanjutnya, menurut Neneng BPLH akan memproses mereka berdua sesuai aturan telah diterapkan, bagi para pelaku dumping tidak ada yang namanya sanksi administrasi, mereka akan di proses. Dan sesuai aturan perundang- undangan nomor 32 Tahun 2009 Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup disebutkan dalam pasal 104 setiap orang yang melakukan dumping limbah maka dapat pidana 1 tahun sampai 3 tahun dan denda 1 milyar dan paling banyak adalah 3 milyar. (YD)

 

Category: Hukrim, KarawangTags:
No Response

Leave a reply "Sungai Cibeet Dicemari Limbah B3"