Jelang Lomba Adiwiyata 2015, SMPN 3 Karbar Rutin Lakukan Perlombaan Kelas

Dalam rangka persiapan menghadapi lomba sekolah adiwiyata 2015 yang diadakan oleh Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) tingkat nasional, SMPN 3 Karawang Barat melakukan kegiatan rutin mengumumkan juara kelas terbersih setiap minggunya. Sebelumnya, kegiatan tersebut dibentuk dengan konsep perlombaan. Diawali dengan menciptakan lingkungan bersih dan higienis sebagai pembentukan karakter oleh para siswa.

"Kami mengadakan perlombaan di setiap kelas dengan tujuan semata-mata mendorong para siswa untuk sadar dan peduli terhadap lingkungan," ujar kepala SMPN 3 Karawang Barat, H. Herman M,Pd.

Herman menjelaskan, untuk mengarahkan siswa pada perlombaan ini tidak begitu sulit, karena dengan bekal pengalaman di tahun 2014 yang berhasil menyandang predikat sebagai sekolah sehat dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten ini, pihak sekolah hanya menyisipkan instrumen penilaian berupa uraian umum, administrasi dan 7K.

BERSIH

"Kita pernah menjadi sekolah sehat, yang dibina oleh dinas kesahatan. Sehingga untuk adiwiyata ini kita telah mempunyai dasar. Maka sinergis antara sekolah sehat dengan sekolah berbudaya lingkungan. Mungkin perbedaannya hanya pada leading sectornya," ujarnya menambahkan.

Sementara, untuk maju ke tahap nasional seiring dengan program adipura, pihaknya telah mempersiapkan banyak hal, dimulai dari segi kelengkapan serta telah membentuk tim sekolah berbudaya lingkungan yang terdiri dari guru lingkungan hidup beserta OSIS.

"Kami tinggal menunggu tahap verifikasi dari BPLH. Karena sekolah kami juga bersaing dengan beberapa sekolah favorit di Karawang untuk menuju nasional. Setelah bersaing di Kabupaten, nantinya akan beralih ke Provinsi hingga nasional. Untuk itu tujuan kerja kita harus jelas sampai ke para siswa agar para siswa pun optimal," tutupnya. (Las)

Category: Lingkungan Hidup, Pendidikan
No Response

Leave a reply "Jelang Lomba Adiwiyata 2015, SMPN 3 Karbar Rutin Lakukan Perlombaan Kelas"