PGRI Karawang Minta Persyaratan KTI Dihapus

0 797

download

KTD-Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Karawang mengaku kewajiban membuat karya tulis ilmiah (KTI) bagi para guru yang hendak naik pangkat sangat memberatkan. Apalagi KTI yang dibuat guru ini ternyata banyak yang ditolak sehingga menghambat karir mereka. "Yang memberatkan itu karena KTI yang dibuat guru sering kali ditolak sehingga hal ini sering dikeluhkan anggota kami. Kami berharap persyaratan membuat KTI untuk kenaikan pangkat sebaiknya dihilangkan saja," kata Ketua PGRI Nandang Mulyana.

Menurut Nandang peraturan Menpan RB nomor 16 Tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dinilai sangat memberatkan bagi para guru. Oleh karena itu persyaratan KTI bagi guru yang akan naik pangkat sebaiknya dihapus.

Nandang beralasan yang berkewajiban membuat karya tulis ilmiah bukanlah guru melainkan dosen. KTI menjadi hal yang wajib bagi dosen untuk melakukan penelitian. Sebab dilihat dari tugas dan fungsi antara guru dengan dosen sudah jelas berbeda. "Kalau guru yang ingin naik pangkat dari golongan 4A menjadi 4B harus membuat karya ilmiah, saya rasa tidak perlu. Karena guru ini kan sifatnya hanya mengajar." katanya.

Nandang mendesak kepada pemerintah pusat agar dapat mengkaji ulang peraturan tersebut karena yang memberatkan guru. Yang dikhawatirkan, kata Nandang,

Jika pembuatan KTI malah akan terjadi penyelewengan dengan banyaknya penipuan yang dilakukan oleh guru ketika membuat KTI. "Lebih baik dirubah saja undang-undangnya. Misalnya diganti dengan penilaian kinerja. Kalau penilaian kinerja yang dinilai setiap tahun bisa kita yang pantau" ujarnya.

Senada dengan itu Kepala Disdikpora, Dadan Sugardan menambahkan persyaratan membuat KTI juga dapat mengganggu tugas pokok guru Sehingga Disdikpora sudah meminta pemerintah pusat untuk dapat merubahnya dengan sistem kinerja. "Undang-undangnya saja sudah berbeda guru dengan dosen. Tidak usahlah membuat KTI, kasihan rekan guru kita. Ya harus ngajar harus meneliti juga.," kata Dadan.(may)

Category: Daerah, Kadisdikpora, Karawang, Pendidikan, PendidikanTags:
No Response

Leave a reply "PGRI Karawang Minta Persyaratan KTI Dihapus"