Tingkatkan Daya Saing, Sekolah Swasta Harus Cerdas Jual Produk

 

smk

Karawang. KTD- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA) berstatus swasta harus bisa meningkatkan kualitas daya saing agar tidak sekolah negeri. Salah satunya dengan cara "Jual Produk". Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora) Karawang, H. Dadan Sugardan, Jumat (11/9).

Dadan menjabarkan, salah satu permasalahan yang dialami sekolah swasta pasca penerimaan siswa baru adalah kurangnya kuota siswa yang tidak sebanding dengan jumlah ruang belajar. Pihak sekolah pun tidak bisa berbuat banyak selain hanya mengadu kepada dinas pendidikan. Namun menurutnya, jika hal tersebut terus menerus menjadi biang permasalahan yang sama tiap tahunya, maka Dadan menyarankan agar sekolah membuat banyak inovasi.

"Ya buatlah inovasi. Manfaatkan media sebagai mitra sekolah. Ini bisa dijadikan ajang promosi. Kalau sekolah terekspose maka masyarakat dengan sendirinya akan tahu," ungkap Dadan.

Selain memanfaatkan media, lebih lanjut Dadan menjelaskan, pihak sekolah juga bisa memanfaatkan kerjasama dengan perusahaan. Seperti beberapa sekolah sebelumnya, sekolah-sekolah tersebut akhirnya sukses mendongkrak nama almamaternya.

"SMK Bina Karya sukses mengirimkan beberapa siswanya ke Jepang. Atau sekolah Texmaco dengan hasil-hasil karya siswanya. Sekolah-sekolah lainnya diharapkan bisa meniru sekolah tersebut," pungkasnya. (Las)

Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "Tingkatkan Daya Saing, Sekolah Swasta Harus Cerdas Jual Produk"