Antisipasi Hewan Qurban Terinfeksi Antrax, Pedagang Hewan Qurban Di Razia

20150921_111627

KTD- Menjelang Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriyah, Dinas Kesehatan melakukan sidak dan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di sejumlah pedagang di wilayah Karawang.

Sidak kali ini digelar disepanjang jalan Ardiasa Timur, Karawang Dimana dalam pemeriksaan tersebut dilakukan sebagai upaya mengantisipasi adanya gangguan kesehatan akibat keberadaan hewan kurban tidak layak konsumsi.

"Pemeriksaan ini kita lakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, saat mengkonsumsi hewan kurban," kata Sri Nurdianti selaku pemeriksaan hewan di Dinas Kesehatan, Senin(21/9)

Lebih lanjut dijelaskan, pemeriksaan tersebut sengaja pihaknya lakukan saat jelang perayaan hari raya kurban. Sekalipun kegiatan itu sering pihaknya lakukan tanpa harus menunggu perayaan hari raya. "Pemeriksaan ini rutin kita lakukan setiap tahun, intinya melindungi masyarakat dari bahaya virus yang terkandung di hewan kurban tersebut ," jelasnya.

Pada pemeriksaan tersebut, pihaknya telah menemukan hewan yang tidak layak jual sebanyak 24 hewan kurban yang tergolong dari 4 hewan Sapi dan sisanya lagi 20 Domba dan ada belasan hewan yang terdapat memiliki penyakit Orp dan untuk itu hewan tersebut tidak boleh di jual."Untuk saat ini ada 24 hewan kurban yang tidak layak jual serta belasan kurban yang tidak untuk di jual,"ujarnya.

Dengan hal itu Dinas Kesehatan menghimbau kepada seluruh penjual hewan kurban untuk tidak menjual hewan-hewan yang terdapat penyakit karena dapat membahayakan masyarakat yang mengkomsusinya.(may)

 

Category: Karawang, Kesehatan, Pasar TradisionalTags:
No Response

Leave a reply "Antisipasi Hewan Qurban Terinfeksi Antrax, Pedagang Hewan Qurban Di Razia"