Indonesia Bisa Swasembada pangan, Jika Saja…?

IMG_20150925_120731

KTD- Menteri Pertanian Amran Sulaiman menilai bencana kekeringan El Nino yang melanda Indonesia saat ini, tidak berdampak pada kebutuhan beras dalam negeri. Menurut dia, saat ini, pemerintah tidak perlu mengeluarkan kebijakan impor beras. "Stok beras di Bulog saat ini mencapai 1,7 juta ton. Pasokan Beras aman sampai 6 bulan mendatang," ujar Amran, kepada awak media usai acara panen raya di Desa Mekarasih, Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang, Jumat, 25 September 2015.

Bahkan, Amran menilai tiga tahun kedepan, Indonesia bisa swasembada pangan, dengan syarat terus menggenjot produksi beras. "Kita sudah siapkanserangkaian program, salahsatunya adalah Program Seribu Desa Mandiri Benih. Jika dilakukan secara berkesinambungan, kita bisa ekspor beras," ujar Arman.

Amran bercerita, empat bulan lalu, Ia sudah menandatangani MOU dengan Institut Pertanian Bogor untuk menanam padi dengan varietas baru. "Bibit temuan IPB, yaitu IPB3S terbukti menggembirakan. Produksi beras mencapai dua kali lipat," ujar dia.

Setelah MOU, bibit padi bersertifikat itu pun ditanam di Karawang. Arman mengungkapkan, berdasarkan laporan Kadarisman,  Kepala Dinas Pertanian Karawang. Rata-rata, satu hektar sawah di Karawang bisa memproduksi beras sebanyak 5,1 ton. "Tapi lewat bibit unggulan ini. Produksi bisa mencapai 9,4 sampai 10 ton per hektar," kata Arman.

Arman mengaku takjub dengan hasil panen di Desa Mekarasih. 13 ubin sawah seluas 1,4 hektar di desa itu menghasilkan 13,4 ton padi. "Ini luar biasa,saya belum pernah mendengar panen sebesar itu," kata Arman.Ia membayangkan hasil panen sebesar itu, bisa terjadi di daerah lain.

"Sayangnya kita dilanda kekeringan. Bayangkan jika tidak ada El Nino. Kita tidak perlu Impor. Kita bisa ekspor," ucap dia. Sebelumnya Wakil Presiden Jusuf Kalla menawarkan opsi untuk mengimpor beras untuk mengamankan harga dan stok beras dalam negeri. Menanggapi hal ini, Amran tidak mau berpolemik. "Mungkin pak JK antisipasi untuk situasi terburuk jika El Nino semakin parah. Artinya, kita lihat perkembangan saja," pungkas Arman. (may)

Category: Karawang, SorotanTags:
No Response

Leave a reply "Indonesia Bisa Swasembada pangan, Jika Saja…?"