Di Hajar El Nino, Stok Beras Bulog Cukup Hingga Desember Mendatang

20150927_101645

KTD- Pemerintah  belum memastikan soal rencana impor beras untuk menjaga stok beras di gudang Perum Bulog. Pasalnya, Jokowi mengatakan petani akan menolak bila ada keputusan impor beras. Hal ini disampaikan Jokowi saat setelah panen raya di Desa Cikarang, Kecamatan Banyusari,Kabupaten Karawang, Minggu (27/9/2015).

Hadir dalam acara ini Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, termasuk Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Dirut Bulog, dan lainnya,

Pemerintah masih melakukan perhitungan cermat terkait stok dan produksi beras di dalam negeri. Stok beras dikhawatirkan tak cukup karena adanya fenomena El Nino. Saat ini stok beras hanya 1,7 juta ton cukup untuk distribusi raskin/rastra sampai akhir tahun, namun belum cukup untuk stok musim paceklik di awal 2016.

"Ini masih jalan perhitungan dampak El Nino. Masih dalam perhitungan semuanya. Kita harus punya cadangan yang betul-betul aman untuk semuanya," ujar Jokowi.

Jokowi khawatir beras impor memukul harga beras lokal dan merugikan petani bila dilakukan tanpa perhitungan matang. Ia ingin memastikan produksi dan stok beras nasional harus benar-benar dipastikan dengan data akurat. "Petani pasti menolak impor," tegasnya.

Maka dari itu Jokowi menghimbau kepada seluruh petani untuk optimis dalam memproduksi padi agar dapat memenuhi stok yang di inginkan.(may)

 

Category: Karawang, PertanianTags:
No Response

Leave a reply "Di Hajar El Nino, Stok Beras Bulog Cukup Hingga Desember Mendatang"