GMNI Terus Ciptakan Generasi Penerus Yang Handal

IMG_20150928_095950

KTD - Sebanyak 50 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Karawang, dilantik menjadi anggota Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), setelah dinyatakan lulus pada Pekan Penerimaan Anggota Baru (PPAB) Lintas Komisariat GMNI yang diselenggarakan di Gedung Graha Pemuda KNPI Karawang. Dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari, tanggal 26-27 September 2015 tersebut, para mahasiswa mendapat pembekalan beberapa materi dan diajak berdiskusi kelompok.

Ketua Pelaksana PPAB Lintas Komisariat GMNI Karawang, Adrianus Usboko mengatakan, PPAB merupakan gerbang awal bagi mahasiswa-mahasiswi mengenal apa itu GMNI dan ideologi Marhaenisme yang menjadi azas perjuangannya. Dengan mengusung tema "Melalui Kaderisasi Kita Ciptakan Pribadi-Pribadi Marhaenis", para mahasiswa dan mahasiswi akan dibentuk menjadi insan yang kritis dalam menganalisa berbagai masalah sosial kemasyarakatan.

"Berbagai materi diberikan, mulai dari peran pemuda dan mahasiswa, keorganisasian dan sejarah GMNI, pengantar kesarinahan, pengantar nasionalisme Indonesia, pengantar marhaenisme, serta motivasi dan pengembangan diri. Tujuannya tentu untuk membangkitkan budaya ilmiah mahasiswa melalui diskusi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) GMNI Karawang, Putra Muhammad Wifdi Kamal mengungkapkan, PPAB bukanlah hanya sekedar ajang seremonial, melainkan sebuah wadah Kawah Candra Dimuka untuk mendidik generasi-generasi bangsa yang kelak akan menjadi pemimpin. Untuk itu, diharapkan para mahasiswa yang mengikuti PPAB Lintas Komisariat GMNI Karawang bisa menimba ilmu yang diberikan para pemateri, dan kemudian mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih lanjut, Putra menjelaskan, GMNI sebagai organisasi kader dan organisasi perjuangan, harus terus melakukan kerja-kerja nyata dalam mewujudkan sosialisme Indonesia, sebagaimana terkandung dalam ideologi Marhaenisme ajaran Ir Soekarno. Maka diperlukan kesadaran kolektif dari seluruh anggota GMNI khususnya di Karawang, untuk tetap kritis menghadapai berbagai permasalahan di tengah-tengah masyarakat.

"Persoalan kesejahteraan, pemerataan ekonomi, pendidikan, dan sosial budaya harus terus dikawal oleh kader-kader GMNI. Maka kepada calon-calon anggota GMNI yang mengikuti PPAB kali ini, diharapkan bisa terus berproses mengikuti setiap tahapan kaderisasi di organisasi ke depannya. Sebab PPAB hanyalah pintu masuk, kematangan seorang kader memahami ideologi Marhaenisme akan ditempa melalui diskusi rutin di tingkat komisariat maupun cabang, serta tahapan kaderisasi selanjutnya," tegasnya.

Ketua Koordinator Daerah (Korda) GMNI Jawa Barat, Azhar Sukmawan mengajak puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang mengikuti kegiatan Pekan Penerimaan Anggota Baru (PPAB) Lintas Komisariat GMNI Karawang, untuk lebih peka terhadap berbagai persoalan yang berkembang di masyarakat. Untuk itu, mahasiswa diharapkan mampu membangun budaya nalar kritis melalui forum-forum diskusi ilmiah.

"Saya harapkan rekan-rekan mahasiswa bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin, dan menjadi pribadi-pribadi yang kritis dalam menyikapi kondisi sosial kemasyarakatan saat ini. Pilihan bergabung dengan GMNI menjadi langkah yang tepat, karena dengan berorganisasi akan banyak manfaat dan pengalaman yang bisa didapat," ujarnya.

"Maka diharapkan dengan mengikuti PPAB GMNI, akan muncul pribadi-pribadi Marhaenis dalam diri mahasiswa. Sehingga ke depannya, mahasiswa bisa terus mengamalkan Marhaenisme ajaran Bung Karno melalui kerja-kerja organisasi. Hal itu penting, menggingat kompleksnya permasalahan yang dihadapi Indonesia saat ini," kata Azhar.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Koordinator Daerah (Korda) GMNI Jawa Barat Azhar Sukmawan, Ketua DPC GMNI Cianjur Wida Widya, perwakilan alumni GMNI Karawang Engkus Kusnadi, dan kader-kader komisariat se-GMNI Karawang.(may)

 

Category: Karawang, SorotanTags:
No Response

Leave a reply "GMNI Terus Ciptakan Generasi Penerus Yang Handal"