Disbudpar Kenalkan Aksara Sunda Kepada Anggota Mojang Jajaka

 

pasanggiri

Karawang, KTD- Upaya untuk mengenalkan kembali aksara sunda kepada generasi masa kini terus digalakan. Sebagai dukungan pelaksanaan Perda No. 5 Tahun 2003 tentang Pemeliharaan Bahasa, Sastra dan Aksara Daerah yang telah dicanangkan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Jabar) di tahun 2013 lalu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Karawang (Disbudpar)  memberikan sosialisasi Pengenalan Aksara Sunda kepada 75  Anggota Paguyuban Mojang Jajaka (Moka) Karawang di Saung Beureum Rengasdengklok Karawang belum lama ini.

Pengenalan Bahasa dan Aksara Sunda bagi Finalis Pasanggiri Mojang dan Jajaka Karawang secara resmi mulai dilaksanakan pada Tahun 2015, untuk memberikan nilai lebih dalam penguasaan bahasa dan aksara sunda kepada anggota paguyuban mojang dan jajaka Karawang.  Tahun ini pula ditetapkan gelar Mojang jeung Jajaka Duta Basa Sunda bagi finalis yang memiliki kemampuan lebih di bidang Bahasa Sunda.

Kang Egi selaku instruktur pada kegiatan sosialisasi ini menuturkan, pengenalan Bahasa dan Aksara Sunda bertujuan untuk memberikan nilai lebih dalam penguasaan bahasa dan aksara sunda kepada seluruh anggota Moka.

“Mereka yang tergabung menjadi Mojang dan Jajaka itu maskotnya para generasi muda. Maka diharapkan lewat mereka pula nantinya bisa menjadi penggerak upaya pelestarian bahasa dan aksara sunda khususnya di Karawang,” kata Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) jurusan Bahasa Sunda ini.

Sementara ditempat terpisah, Kepala Seksi Pengembangan Kreatifitas Disbudpar Karawang, Neni Martini menyatakan tahun ini, dalam hasil kegiatan yang sudah berlangsung tersebut, pihak Disbudpar telah menetapkan gelar bagi Mojang dan Jajaka sebagai Duta Basa Sunda bagi finalis yang memiliki kemampuan lebih di bidang Bahasa Sunda.

“Hasil akhir yang ingin dicapai adalah peningkatan kecintaan dan pemakaian Bahasa dan Aksara Sunda dalam kehidupan sehari-hari generasi muda Karawang dan masyarakat Karawang pada umumnya,” kata Neni. (Las)

 

 

 

Category: Budaya, Karawang
No Response

Leave a reply "Disbudpar Kenalkan Aksara Sunda Kepada Anggota Mojang Jajaka"