Cegah Tawuran dengan Kuatkan Pilar Kebangsaan

putih

Karawang,KTD- Suka atau tidak, bangsa Indonesia kini rawan terpecah belah. Potensi pertikaian dan perpecahan terlihat dalam kehidupan sehari-hari bangsa. Bukan tanpa alasan, Indonesia adalah negeri yang memiliki beragam perbedaan mulai dari suku, ras, dan agama serta perbedaan lain. Demikian diungkapkan Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra drg Putih Sari di hadapan ratusan warga Desa Purwasari Kecamatan Purwasari saat mengisi acara sosialisasi empat pilar kebangsaan di kantor desa setempat, Selasa (6/10).

"Sosialisai empat pilar kebangsaan ini agenda besar negara agar terus dipublikasikan kepada seluruh masyarakat," ujar Putih.

Anggota Komisi IX ini menambahkan, sosialisasi empat pilar kebangsaan ini dianggap penting untuk menciptakan karakter masyarakat yang kuat dalam menjaga keutuhan NKRI. Sehingga, jika empat pilar kebangsaan tidak dipelihara dengan baik, kata Putih, maka akan menciptakan perpecahan dan menimbulkan  konflik gejolak sosial di tengah masyarakat Indonesia yang majemuk.

"Kita ini bangsa yang besar. Kita punya 17 ribu lebih  pulau, beraneka ragam suku dan agama. Sehingga empat pilar kebangsaan harus benar-benar bisa dipahami oleh masyarakat Indonesia," ungkapnya.

Putih Sari mencontohkan, saat ini marak terjadinya tawuran antar warga, tawuran  pelajar ataupun mahasiswa di Indonesia, termasuk di Karawang. Hal itu kata dia, bisa saja diantisipasi jika saja masyarakat sudah memahami tentang makna empat pilar kebangsaan ini. "Untuk itu, kita masih punya nilai-nilai luhur yang mampu merekat dan mencegah tercerai-berainya bangsa ini yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika," tambahnya.

Masyarakat Desa Purwasari juga sangat antusias saat mengikuti acara sosialisasi empat pilar kemarin. Mereka juga nampak antusias memberikan pertanyaan kepada narasumber yang memaparkan saat itu. Bahkan suasana sempat hidup ketika ada beberapa warga yang diberikan tes hafal pancasila oleh narasumber. Saat itu, ada beberapa warga yang tidak hafal bunyi pancasila namun tak sedikit yang sudah menghafal.

Perwakilan dari Desa Purwasari, Eka, sangat menyambut baik acara sosialisasi empat pilar kebangsaan kemarin. Dia mewakili pemerintahan desa berharap masyarakat mau menerapkan ilmu yang didapat dalam kehidupan sehari-hari. (may)

 

Category: Karawang, PeristiwaTags:
No Response

Leave a reply "Cegah Tawuran dengan Kuatkan Pilar Kebangsaan"