Iqbal Ajak Masyarakat Untuk Bersahabat dengan Sampah

bang sampah bang sampah

Karawang, KTD- Program bank sampah kini sudah mulai dilakukan di kota Karawang, dibuktikan dengan dibentuknya salah satu bank sampah bernama bank sampah “Safa Mandiri” yang didirikan dibawah yayasan Sahabat Duafa yang bertempat di Jl. R. Suriadipati, Kp. Jebug RT 01/01 no. 04, Kel. Karawang Kulon, Kec. Karawang Barat, yang digagas oleh Muhammad Iqbal, penduduk setempat.

Bank sampah Safa Mandiri baru saja dibentuk dan melaksanakan launching yang dihadiri oleh masyarakat, perwakilan Dinas Cipta Karya, dan anggota DPRD komisi C, Dr. Ata Subagja Dinata, Rabu (7/10).

“Mungkin yang menginisiasi bank sampah sudah ada sebelum saya, tapi menurut kepala Dinas Kebersihan, baru ini yang secara resmi didirikan”, papar Iqbal ketika ditemui.

Iqbal menjelaskan bank sampah tersebut memiliki program tabungan yang meliputi tabungan energi untuk membayar listrik, tabungan sembako, tabungan uang cash, dan tabungan umroh yang memang diperuntukkan untuk kesejahteraan masyarakat setempat.

“Ada program sosial juga yang namanya yatim cendikia, jadi nabung buat diinfaqan, jadi sedekah sampah, dan bukan hanya itu, kita juga ada kegiatan kreatifitas, mengolah sampah menjadi barang yang berguna”, jelasnya lagi.

Bank sampah menurut Iqbal adalah program yang pas untuk menangani permasalahan lingkungan dan ekonomi ini, akan dijadikan pedoman untuk masyarakat Karawang agar bisa memulai program serupa. Selain untuk mencegah pencemaran sampah dan perilaku buang sampah sembarangan, bank sampah juga bisa membuka lahan pekerjaan bagi yang membutuhkannya, itulah tujuan Iqbal untuk mendirikan bank sampah tersebut.

Penjelasannya, bank sampah adalah salah satu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah untuk dipilih dan diolah menjadi barang yang bisa menjadikan keuntungan untuk masyarakat bersama. Bank sampah digunakan untuk mengatasi permasalahan lingkungan yang tercemar dan permasalahan ekonomi.

“Bank sampah ini ada pengurusnya, karena kita melihat dari sisi operasionalnya, dan lebih bagus untuk menggerakkan ibu-ibu, karena ibu-ibu adalah orang yang bersentuhan langsung dengan permasalahan sampah, kami sudah melakukan ini di Bekasi, tinggal di duplikasi disini”, jelas Iqbal tentang kinerja bank sampahnya.

Mengubah paradigma dan mindset masyarakat dikatakan Iqbal menjadi masalah utama dalam membangun bank sampah,  karena masyarakat masih belum begitu mengerti apa itu bank sampah, proses, manfaat, dan keuntungannya.

“Sampah itu bukan masalahnya, yang jadi masalah adalah kita untuk menyikapi sampah, jadi yuk mulai dari rumah, kita mulai memilah sampah yang organik, yang anorganik, dan sampah yang berbahaya, dan kalau ada orang yang membuang sampah ya tegur, ga usah yang besar-besar, wawasan global diterapkan di tingkat rumah melalui sampah, apalagi sampah ini bisa menjadi berkah, bisa membantu kaum duafa dan anak yatim”, jelas Iqbal yang juga mengajak kepada masyarakat untuk tetap peduli lingkungan. (Mat)

 

Category: Karawang, Kesehatan, Lingkungan Hidup, Masalah Sosial
No Response

Leave a reply "Iqbal Ajak Masyarakat Untuk Bersahabat dengan Sampah"