Persib Tanding Final, Aparat Ketat Lakukan Pengamanan

pengamanan

Jakarta, KTD-  Persib Bandung dan Sriwijaya FC akan bertanding  di partai puncak, malam ini di Stadion Utama Gelora Bung Karno.Pertandingan yang melibatkan Persib, menarik minat Bobotoh suporter Persib untuk menyaksikan klub idolanya berlaga secara langsung. Bahkan, kendati pertandingan akan dimulai pukul 19.00 WIB, penonton sudah memadati kawasan GBK dari minggu pagi hari.

Hal ini yang memicu kekhawatiran sejumlah pihak bakal terjadi bentrok. Bukan dengan fans Sriwijaya FC, melainkan dengan suporter tuan rumah Persija Jakarta, The Jakmania. Bobotoh dan The Jakmania memang tak pernah akur. Kedua kubu saling serang ketika dua klub kesayangan mereka bertanding. Tak sedikit perseteruan keduanya memakan korban jiwa.

Untuk mengantisipasi hal itu, pihak kepolisian telah melakukan sejumlah persiapan dan pengamanan. Bahkan sampai kepada titik-titik kemacetan lalu lintas saat laga final Piala Presiden berlangsung Pukul 19.00 WIB nanti.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memprediksi kendaraan yang menuju kawasan Senayan dan sekitarnya bakal membludak jelang pertandingan final Piala Presiden yang mempertemukan Persib dan Sriwijaya FC di Stadion Utama Glora Bung Karno. Untuk mengantisipasi kemacetan parah, lalu lintas di sekitar Stadion Utama Glora Bung Karno bakal dialihkan.

"Karena situasi harinya Minggu Car free day, Insya Allah akan berjalan lancar tapi kita akan mengantisipasi kepadatan di ruas Jalan Pemuda, Jalan Asia-Afrika, maupun sekitaran Sudirman," kata Kadirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Risyapudin Nursin.

Jika parkiran GBK tak cukup untuk menampung kendaraan yang datang, pihaknya bakal memanfaatkan pinggiran Jalan Asia Afrika sebagai tempat parkir.

"Memang apabila untuk bus-bus bila cukup parkir di GBK tidak akan menggunakan badan jalan di Jalan Asia afrika. Tapi kalau misalkan harus terpaksa menggunakan Asia Afrika nanti kita akan melakukan parkir bus-bus itu di sepanjang jalan itu. Akan dilakukan floating anggota lantas untuk mengantisipasi kepadatan," papar dia.

Namun untuk malam harinya, tidak akan ada rekayasa lalu lintas maupun pengalihan di sekitar Senayan. Tetapi jika dibutuhkan baru akan dibuat rekayasa dan pengalihan lalu lintas mulai pukul 19.00 WIB ke atas.

"Jalur yang ditutup nanti kita lihat situasional karena memang itu pukul 22.00 WIB sampai pagi. Kan kita ketahui bahwa Jakarta lengang dan masyarakat tidak terlalu beraktifitas. Tidak akan melakukan suatu penutupan pengalihan arus ini yang kita perlu antisipasi karena pukul 19.00 WIB baru mulai diperkirakan selesai pukul 22.00 WIB. Dikhawatirkan akan ada kepadatan saat pulang sedangkan di sepanjang Jalan Pemuda dan Asia Afirika tetap akan dilakukan rekayasa. Namun apabila ada kepadatan kita alihkan misalnya dari Semanggi mau ke Jalan Pemuda maka kita akan luruskan ke arah Slipi. Apabila ada kepadatan dari arah Pemuda ke Ladobi maka akan dialihkan. Nah ini kita akan situasional saja," ujarnya.

Kendaraan dari arah Cawang yang hendak ke Jl Gerbang Pemuda diluruskan ke arah Gedung Manggala Wanabakti. Ketika terjadi kepadatan di Pintu VII GBK (depan TVRI), kendaraan dari arah barat diluruskan ke depan Pintu I (depan Hotel Century) dan Pintu V (depan Polda Metro).

"Sementara kendaraan dari arah Blok M yang mau ke Bundaran HI tidak ada masalah, masih bisa melintas," ujarnya.

Sementara untuk kendaraan para suporter tidak diperbolehkan parkir di sepanjang Jl Gerbang Pemuda, Senayan. Kendaraan suporter diparkir di Parkir Timur Senayan. (bbs)

Category: PeristiwaTags:
No Response

Leave a reply "Persib Tanding Final, Aparat Ketat Lakukan Pengamanan"