37 Ribu UMKM Karawang Siap Bersaing Hadapi MEA

 

umkm

Karawang,KTD-Menghadapi persaingan di tengah pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), sedikitnya 37 ribu lebih pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)  di Kabupaten Karawang mengaku siap bersaing. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Koperasi dan UMKM), H. Asep Junaedi,mengatakan, munculnya kondisi itu disebabkan,karena adanya  sumber daya manusia (SDM) dan kecukupan modal yang ada di kalangan pelaku UMKM.


"Kalau konteksnya harus bersaing di MEA, mungkin hanya beberapa UMKM yang siap (bersaing). Tapi umumnya, para pelaku UMKM  di Karawang, mayoritas sudah  benar-benar siap menghadapi MEA," jelas Asep saat setelah melakukan olahraga di Karangpawitan,Jum'at pagi(22/1).

Berdasarkan data instansinya, hingga kini jumlah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tercatat sebanyak 37 rbu lebih. UMKM tersebut bergerak dalam berbagai bidang usaha, di antaranya perdagangan seperti kelontongan, produk olahan pertanian, produk non pertanian dan aneka usaha. Namun, mayoritas didominasi oleh usaha rumahan (home industry), dengan modal terbatas. Meski kerap terpinggirkan, kata dia, eksistensi UMKM mampu bertahan dalam situasi krisis serta banyak menyerap tenaga kerja.

"Jika per unit UMKM menyerap sedikitnya tiga pekerja, maka estimasi kami, mereka yang bekerja di sektor UMKM diperkirakan banyak. Jenis usaha ini, juga paling mampu menahan badai krisis, dan hanya 3% saja yang gulung tikar, bangkrut," bebernya.(May)

Category: Ekbis, Karawang
No Response

Leave a reply "37 Ribu UMKM Karawang Siap Bersaing Hadapi MEA"