Simulasi UNBK Serentak di Karawang Terkendala Konektivitas Jaringan

bk1

Karawang, KTD- Simulasi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan serentak di seluruh sekolah, baik SMK maupun SMA di Kabupaten Karawang masih terkendala permasalahan konektivitas jaringan. Hal tersebut diakui Kepala SMK Bina Karya 2, Tarim ST, MT saat diwawancarai mengenai pelaksanaan simulasi UNBK di sekolahnya, Rabu (10/2).

Tarim menjelaskan, Kendala permasalahan konektivitas jaringan dari pusat ke tingkat kabupaten adalah akibat belum jelasnya pihak-pihak yang ditunjuk sebagai koordinator di tingkat pusat, yaitu lebih tepatnya dari Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan.

“Belum ada pihak dari pusat yang ditunjuk sebagai tempat pengaduan terkait kendala pelaksanaan simulasi UNBK,” ujar Tarim.

Namun demikian, Tarim meyakini jika kendala tersebut di hari-hari berikutnya akan teratasi karena panitia di tingkat pusat pasti sudah memperhitungkan segala sesuatunya termasuk dari sisi peralatan.

Tarim mengatakan, pelaksana ujian simulasi yang digelar selama 3 hari kedepan, sesuai dengan arahan pihak dinas kabupaten yang mengharuskan sekolah penyelengara UNBK menggelar simulasi terhitung sejak tanggal 10 sampai 13 Februari.

Pihak sekolah sendiri, sambungnya, telah menyediakan 55 komputer sebagai penunjang terlaksananya UNBK tersebut. Jumlah itu dianggap telah memenuhi kuota dari sepertiga jumlah siswa yang menjadi peserta ujian, yaitu 221 siswa yang terdiri dari 111 siswa jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) dan 110 siswa lainnya berasal dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR)

“Kesemua komputer telah dilakukan pengecekan dan perbaikan agar UNBK nantinya bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya keluhan mengenai kerja computer,” katanya.

Menurutnya, dibanding ujian manual, pelaksanaan UNBK tahun ini diperkirakan akan jauh lebih singkat dilihat dari sisi pengerjaan soal. Tidak seperti pelaksanaan manual yang membutuhkan waktu cukup lama dalam mengisi lembar jawaban, pengerjaan soal di UNBK, siswa hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja untuk menjawab pertanyaan secara online.

“Kami ingin siswa adaptasi dulu dengan UNBK ini, sehingga jelang pelaksana yang sebenarnya mereka sudah terbiasa dan tidak gugup lagi,”tutupnya. (nji)

 

 

Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "Simulasi UNBK Serentak di Karawang Terkendala Konektivitas Jaringan"