Etos Kerja Jadi Kriteria Utama Perusahaan Rekrut Karyawan

 

etos kerja

Karawang,KTD- Ada koreksi mengenai etos kerja angkatan kerja asli Kota Pangkal Perjuangan. Etos kerja tersebut ditenggarai sebagai salah satu kriteria bagi perusahaan dalam merekrut karyawan. Hal tersebut disampaikan  Rektor Toyota Indonesia Academy (TIA), Afien Wibawa, dalam Media Gathering, kemarin.

“Lucunya, terkadang baru magang tiga hari, kemudian hari keempatnya tidak masuk. Mungkin, karena tidak siap dengan kondisi kerja di pabrik yang mayoritas berdiri,”ungkapnya.

Berangkat dari hal tersebut, ia menyimpulkan masalah tenaga kerja asli Karawang yang perlu dikoreksi ialah etos kerja. Sebab, selain keterampilan etos kerja menjadi salah satu penilaian perusahaan dalam merekrut karyawan.

“Mungkin etos kerja.  Sementara kalau tenaga kerja dari Jawa tengah dan sebagainya, biasanya tidak seperti itu,”tambahnya.

Meski demikian, kata dia, banyak tenaga kerja Karawang yang berkualitas. Apalagi, saat ini telah berdiri Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  yang sebagian diantaranya mempelajari teknik. Bahkan saat ini banyak perusahaan baik elektronil, tekstil, maupun otomotif yang bekerjasama dengan sekolah dalam hal pelatihan kerja.

“Tapi ada juga yang bagus (etos kerja dan kualitas). Seperti Toyota sendiri punya Toyota Learning Center (TLC), yang juga telah digunakan banyak SMK,Balai Latihan Kerja (BLK) dan  Karang Taruna untuk elatihan kerja,”tandasnya.

Diketahui, isu masalah ketenagakerjaan sejak dahulu menjadi isu seksi baik bagi pemkab maupun masayarakat Karawang. Pasalnya, meski  Karawang mempunyai kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara , masyarakat pribuminya  mengaku sulit masuk ke sektor industri.

Pemkab sendiri sudah membuat Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Ketenagakerjaan. Dalam perda tersebut, dijelaskan perusahaan di Karawang dalam merekrut karyawan harus 60 persen pribumi, dan 40 persen dari luar.

Hanya saja, sampai saat ini banyak perusahaan yang masih membandel. Sementara pemkab tak berdaya lantaran peraturan bupati (perbup) tentang ketenagakerjaan yang memuan teknis aturan dalam perda termasuk mengenai sanksi, belum dibuat.(May)

Category: Industri, Karawang
No Response

Leave a reply "Etos Kerja Jadi Kriteria Utama Perusahaan Rekrut Karyawan"